Dapatkah trigliserida diredakan dengan mengatur pola makan?

BL Info Penanya: BL, Wanita, 32 Tahun
Dok, saya sudah lama memiliki trigliserida yang tinggi. Untuk menurunkannya apa bisa hanya dengan mengatur pola makan? Mohon infonya ya dok, terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, BL.

Trigliserida adalah salah satu komponen kolesterol, yang dihasilkan dari metabolisme zat gula, karbohidrat, ataupun alkohol. Dalam jumlah yang normal, trigliserida memberikan manfaat bagi tubuh. Namun, jika berlebihan, hal ini bisa membahayakan karena meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit kronis.

Kadar trigliserida dalam darah yang normal adalah kurang dari 150 mg/dL, batas tinggi adalah 151-199 mg/dL, dan tinggi jika lebih dari 200 mg/dL. Tingginya kadar trigliserida akan menyebabkan penumpukan plak dalam pembuluh darah, yang nantinya akan mengeras dan menyebabkan stroke atau penyakit jantung koroner.

Pada prinsipnya, karena trigliserida sendiri adalah komponen hasil metabolisme makanan, maka trigliserida bisa menurun dengan pola makan seperti berikut:

  • Menghindari karbohidrat simpleks seperti nasi putih, roti putih, dan kentang; juga menghindari lemak jenuh dan lemak trans
  • Mengganti asupan protein, dari daging merah ke ikan
  • Mengganti asupan lemak, dari minyak sayur ke minyak zaitun atau minyak kelapa
  • Membatasi makanan olahan dan pemanis buatan
  • Berhenti meminum alkohol

Menjaga pola makan akan membuat berat badan tetap ideal. Jangan lupa untuk berhenti merokok, dan melakukan olahraga secara teratur.

Apabila dengan cara tersebut kadar trigliserida belum mencapai normal, dokter spesialis penyakit dalam mungkin akan meresepkan obat-obatan untuk menurunkan kadar trigliserida Anda.

Terima kasih telah bertanya di forum SehatQ. Semoga apa yang disampaikan bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia V

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh PI
14 Mar 2020, 20:20
Dulu saya menderita triglycerides tinggi ,setelah mengkonsumsi minyak ikan( omega 3) selama setengah tahun kadar triglycerides saya turun ke ambang normsl
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
15 Mar 2020, 07:14
Alhamdulillah, semoga sehat selalu
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kondisi fisik dan mental Anda bisa lelah, seusai menempuh perjalanan mudik Lebaran.

Habis Lebaran Terbitlah Lelah, Atasi dengan Cara Ini!

Rasa lelah yang muncul setelah mudik Lebaran bisa membuat Anda kurang semangat saat kembali masuk kerja. Agar tubuh kembali berenergi, Anda bisa melakukan berbagai cara, mulai dari banyak minum air putih, hingga berolahraga.