Dapatkah milagros atasi pembengkakan ginjal?

FF Info Penanya: FF, Wanita, 29 Tahun
Siang dok, ayah saya baru-baru ini periksa ke dokter karena keluhan susah buang air kecilnya. Ternyata ada pembekakan ginjal. Apa bisa diatasi dengan minum milagros?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, FF.

Pembengkakan ginjal dalam bahasa medis dikenal dengan istilah hidronefrosis. Kondisi ini terjadi apabila adanya penumpukan cairan pada ginjal, yang bisa disebabkan oleh berbagai hal, misalnya batu ureter, kista ginjal, tumor, ataupun penyempitan (striktur) saluran kemih.

Sedangkan milagros adalah merek dagang dari air minum yang mengandung air alkali, dengan pH 9.8. Menurut sebuah studi, konsumsi air alkali dapat memberikan manfaat kesehatan, serta membantu proses penyembuhan beberapa penyakit. Beberapa di antaranya adalah:

  • Membantu mengurangi radikal bebas pada tubuh, karena sifat antioksidannya
  • Membantu mencegah beberapa penyakit metabolik
  • Memperlancar sistem pencernaan
  • Memperbaiki kualitas tidur

Akan tetapi, belum ada cukup data ilmiah bahwa konsumsi air alkali dapat menyembuhkan hidronefrosis secara sempurna. Bahkan, menurut sebuah studi lainnya, air alkali tidak dianjurkan bagi seseorang yang mengalami penyakit ginjal.

Oleh karena itu, lebih dianjurkan agar Anda berkonsultasi langsung kepada dokter spesialis penyakit dalam atau dokter spesialis urologi, agar dapat dipastikan terlebih dahulu apa penyebab kondisi hidronefrosis tersebut.

Nantinya, dokter akan memberikan penanganan yang sesuai, misalnya bedah terbuka untuk mengangkat kista apabila penyebabnya adalah kista, atau ESWL apabila penyebabnya adalah batu ureter. Dokter juga mungkin akan memberikan obat-obatan, baik injeksi ataupun minum.

Setelah pembengkakan ginjal sembuh, jagalah baik-baik kondisi ginjal dengan mengonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup, tidak berlebihan maupun kekurangan, ya. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Makanan penyebab sakit ginjal adalah junk food

Hidup Sehat dengan Menghindari Makanan Penyebab Sakit Ginjal Ini

Makanan penyebab sakit ginjal bisa berbagai macam. Mulai dari makanan yang tinggi kandungan garam, gula, alkohol, hingga obat antinyeri bisa jadi sumbernya.