Dapatkah kulit sensitif terlihat glowing?

SL Info Penanya: SL
Dok kulit saya kering, apa bisa diatasi dengan wardah white secret day cream? Apa day cream dan moisturizer fungsinya sama?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, SL

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Sebagai warga Indonesia, kulit kering adalah kondisi yang kerap kali dirasakan. Selain karena memiliki iklim tropis, secara garis besar kulit kering dapat disebabkan oleh beberapa faktor.

Berikut ini adalah faktor-faktor yang menyebabkan kulit kering:

  • Air, seperti kebiasaan mandi menggunakan air hangat, tidak minum cukup air, berendam atau mandi terlalu lama
  • Pola makan tidak sehat, seperti kurang sayur dan buah, merokok
  • Tempat tinggal atau pekerjaan, seperti tinggal di ruangan berAC dalam waktu yang relatif lama
  • Faktor usia, seiring bertambahnya usia, elastisitas kulit dan kelembaban kulit berkurang karena berkurangnya produksi minyak oleh kelenjar minyak 
  • Adanya penyakit kulit, seperti dermatitis

Kondisi kulit kering bisa diatasi dengan menggunakan pelembab, saat ini didapatkan berbagai macam jenis pelembab diantaranya adalah daycream. Day cream adalah kirm pelembab (moisturizer) yang mengandung sunscreen. Sehingga bisa digunakan pada pagi hari. Fungsinya selain untuk melembabkan kulit juga melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Perbedaan antara moisturizer dan daycream terletak pada kadunngan suncreen. Pada moisturizer tidak mengandung sunscreen. Oleh sebab itu, Anda bisa menggunakan day cream di pagi dan atau siang hari, serta moisturizer di malam hari.

Jika terdapat keluhan terkait kesehatan kulit, konsultasikan dengan dokter spesialis kulit dan kelamin terdekat untuk mendapatkan perawatan kulit yang sesuai.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Manfaat serum vit. C sangatlah beragam, mulai dari melembapkan, mencerahkan, hingga mengencangkan kulit

Serum Vitamin C dan Manfaatnya untuk Wajah Bercahaya

Manfaat serum vit. C amatlah menakjubkan, mulai dari melembapkan, mencerahkan, mengencangkan, dan melindungi kulit dari radikal bebas. Ada banyak pilihan merek serum vitamin C di pasaran, namun Anda bisa mencari bentuk vitamin C berupa L-ascorbic acid dengan konsentrasi 10-20%.