Dapatkah kulit sawo matang menjadi putih

DF Info Penanya: DF, Wanita, 19 Tahun
Apakah kulit yg sawo matang bisa putih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Siang, DF

Terimakasih atas pertanyaannya,

Sebelumnya, saya informasikan terlebih dahulu tentang faktor-faktor yang dapat mempengaruhi warna kulit.

  • Faktor yang pertama adalah pigmen atau zat warna kulit yang disebut melanin. Pigmen ini memiliki fungsi untuk melindungi sel kulit agar tidak rusak akibat terkena paparan sinar ultraviolet matahari. Jumlah pigmen dapat bertambah jika terkena sinar ultraviolet dan ini sangat mempengaruhi warna kulit. Jika terlalu sedikit, maka warna kulit akan terang. Dan jika terlalu banyak, maka warna kulit akan gelap.
  • Faktor lainnya adalah faktor genetik atau keturunan. Sesuai dengan DNA orang tua, atau bahkan dari kakek atau nenek. Dan faktor ini adalah faktor yang tidak dapat diubah.
  • Faktor selanjutnya adalah lingkungan geografis. Orang yang tinggal di daerah tropis biasanya memiliki warna kulit yang cenderung gelap (sawo matang) karena produksi melanin yang meningkat akibat jumlah paparan sinar ultraviolet yang banyak.

Itulah mengapa warna kulit manusia dapat bervariasi. Namun, setiap warna kulit memiliki kelebihan dan kekurangnnya masing-masing.

Karena warna kulit sangat bergantung pada genetik, maka upaya yang dapat dilakukan adalah mencerahkan kulih. Dengan perawatan yang baik dan menghindari lingkungan yang dapat memicu perubahan warna kulit (paparan sinar ultraviolet), diharapkan warna kulit Anda dapat dimaksimalkan secerah bagian kulit tubuh anda yang paling cerah, yakni lengan atas bagian dalam atau bagian tertutup lainnya.

Tidak lupa untuk menjaga asupan nutrisi agar kulit tetap sehat dengan cara mengkonsumsi banyak sayuran dan buah, cukupi asupan air putih setiap harinya, istirahat yang cukup, hindari stres dengan manajemen stres sesuai minat, hindari rokok, dan memakai tabir surya.

Yang paling penting adalah menjaga kesehatan kulit, karena apapun warna kulit kita, jika kulit kita sehat akan terpancar berkilau 

Berikut saya lampirkan artikel fungsi kulit dan cara merawat serta manfaat dan jenis minyak alami untuk kulit sehat sebagai informasi tambahan. Anda juga dapat berkonsultasi dengan dokter Spesialis Kulit untuk mendapatkan informasi perawatan kulit yang lebih mendalam.

Semoga dapat bermanfaat, terimakasih atas kepercayaan Anda pada aplikasi SehatQ

Salam Sehat

dr. Rahmita Dewi

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Selain cara-cara artifisial, cara menebalkan alis secara alami sebenarnya dapat dilakukan dengan mudah

Minder Punya Alis Tipis? Lakukan 11 Cara Menebalkan Alis Secara Alami Ini

Banyak wanita menebalkan alisnya secara instan dengan menggunakan pensil alis hingga melakukan sulam alis. Di samping itu, ada cara menebalkan alis secara alami yang dapat dilakukan dengan mudah.