Dapatkah kista sebabkan kanker serviks?

T Info Penanya: T, Wanita, 31 Tahun
Dok saya mau bertanya, saya pernah menderita kista tapi sekarang kambuh. Saya sudah menjalani beberapa pengobatan dan minum banyak obat tapi kondisi saya makin parah. Rasa mual dan sempat keputihan berkepanjangan membuat saya khawatir mengidap kanker serviks. Apakah kista ini bisa menjadi kanker dok? Apakah penyakit ini bisa berpotensi membuat kondisi rahim saya menurun? Mohon dijawab ya dok. Makasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, T.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Kista merupakan kantong berisi cairan. Kista yang banyak dialami oleh wanita dan terbentuk di organ reproduksi adalah kista ovarium. Kista ovarium ini memiliki berbagai jenis, tergantung dari jaringan yang membentuk kista tersebut, dan cairan yang terkumpul didalamnya. 

Berikut beberapa jenis kista ovarium berdasarkan jaringan pembentuknya :
  • Kista folikel
  • Kista korpus luteum
  • Kista dermoid
  • Kistadenoma
  • Endometrioma (kista coklat)
  • Polikistik ovarium

Terkait dengan pertanyaan Anda, kista ovarium umumnya bersifat jinak dan tidak menimbulkan gejala sehingga kerap kali tidak secara sengaja ditemukan dan terdeteksi pada saat pemeriksaan USG yang bertujuan untuk general check up atau mendeteksi kondisi medis lainnya. Namun, pada beberapa kasus terdapat kista jinak yang dapat berubah menjadi ganas karena tidak segera ditangani dan menjadi terlambat untuk diobati. Jenis kista jinak yang berpotensi menjadi ganas diantaranya adalah kistadenoma dan endometrioma. Umumnya gejala keganasan dapat terdeteksi dari adanya penurunan berat badan, demam, kaki bengkak dan sesak napas. 

Untuk mendeteksi lebih lanjut dan memastikan ada atau tidaknya potensi keganasan atau sel kanker pada kista dapat dilakukan pemeriksaan berikut, diantaranya adalah :

  • Pemeriksaan USG
  • Sonogram transvaginal
  • Tes darah CA 125
  • Laparoskopi dan biopsi jika diperlukan

Mengenai riwayat kista dan keluhan yang Anda rasakan saat ini, ada baiknya melakukan kontrol kembali kepada dokter Kandungan Anda untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut guna mengetahui perkembangan kondisi kista, sehingga dapat ditindaklanjuti sesegera mungkin.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tanda-tanda kanker pada pria biasanya adalah hal yang diabaikan, seperti nyeri, sakit maag yang tak kunjung sembuh, dan sulit menelan

15 Gejala Kanker yang Tidak Boleh Diabaikan Pria

Kanker adalah penyakit mematikan yang butuh waktu lama untuk ditangani. Khusus untuk pria, gejala kanker pada pria dapat berupa sesuatu yang sering diabaikan, seperti nyeri pada tubuh, perubahan kulit dan kelenjar getah bening, sulit menelan, dan kehilangan berat badan.