Dapatkah habbatusaudah memperbaiki hormon dan siklus haid?

RZ Info Penanya: RZ, Pria, 25 Tahun
Ass.wr.wb dok, Saya sering sekali haid tidak teratur dan terasa nyeri berlebihan bila datang bulan.Kemarin akhir Oktober 2019 saya operasi kista. Setelah itu tidak haid lagi. Katanya salah satu penyebabnya hormon yang tidak teratur. Ingin pake obat hormon haid tapi takut resiko badan tambah gendut. Saya dapat pencerahan dari pengajaran salah satu ustad untuk minum air mineral dan habbatusaudah dok. Apakah minum habbatusaudah bisa mengatasi masalah hormon dan siklus haid yang tidak teratur?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, U.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Siklus menstruasi tidak teratur adalah keadaan dimana siklus mentruasi berkisar diluar batas normalnya yaitu 21-35 hari, dan dapat berbeda-beda setiap bulannya. Keadaan tersebut umumnya disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon dan dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti stres, berat badan yang tidak normal, pola makan yang tidak sehat, konsumsi obat-obatan tertentu ataupun kondisi medis yang terjadi pada alat reproduksi wanita. Seperti pada kasus Anda, khususnya kista. 

Namun, untuk memastikan apakah gangguan haid yang Anda alami berkaitan dengan riwayat kista Anda, perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Terkait dengan obat hormonal, yang merupakan salah satu pilihan terapi untuk melancarkan haid, perlu juga Anda konsultasikan kepada dokter Kandungan, karena pengobatan tersebut akan disesuaikan dengan penyebab keluhan dan kondisi alat repoduksi Anda saat ini.

Mengenai pengobatan secara alami, terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk melancarkan siklus menstruasi, diantaranya adalah :

  • Berolahraga yogi secara teratur
  • Mengonsumsi bubuk kayu manis
  • Mengonsumsi larutan cuka apel
  • Mengonsumsi air rebusan jahe
  • Mengonsumsi buah nanas
  • Mengonsumsi makanan kaya akan vitamin D

Terkait dengan pertanyaan Anda tentang jintan hitam atau yang dikenal dengan habbatussauda, secara medis masih diperlukan riset dan pembuktian lebih kanjut, khususnya mengenai manfaat terhadap kelancaran silkus haid. Walaupun sudah banyak dikenal bermanfaat untuk berbagai penyakit. namun tetap diperlukan kehati-hatian karena bahan alami tetap dapat memberikan efek samping apabila dikonsumsi berlebihan atau tidak sesuai dengan keperluannya.

Berikut beberapa manfaat habbatussauda yang telah banyak dipercaya :

  • Membantu mengatasi gangguan reproduksi pria
  • Membantu menurunkan berat badan
  • Membantu menjaga kecantikan kulit
  • Mengobati radang sendi khususnya rhumatoid arthritis
  • Membantu meredakan gejala alergi 
  • Membantu mengendalikan diabetes
  • Membantu mengendalikan gejala asma

Apabila keluhan terus berlanjut, ada baiknya Anda konsultasikan kembali pada dokter Kandungan Anda.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cuka beras telah digunakan sejak dulu sebagai obat alami

Tak Hanya untuk Masakan, Inilah Manfaat Cuka Beras yang Menyehatkan

Cuka beras kerap ditambahkan ke berbagai hidangan untuk menambah rasa dan kelezatan. Akan tetapi, cuka ini juga dipercaya memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Apa saja?