Dapatkah bekas piercing ditutup di rumah sakit umum?

L Info Penanya: L, Wanita, 33 Tahun
Siang dok, kebetulan saya 4 tahun yang lalu pernah piercing, namun karena suami saya sekarang mulai merasa tidak nyaman saya berencana untuk menutupnya. Apa bekas piercing bisa ditutup di rumah sakit umum?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang L,

Piercing adalah tindakan melubangi anggota tubuh yang sering dikenal dengan istilah tindik. Idealnya tindik ini hanya dilakukan pada daun telinga untuk membedakan laki-laki dengan wanita dalam hal penggunaan anting-anting. Namun sesuai dengan perkembangan zaman, maka tindik ini dilakukan di berbagai tubuh misal di perut, hidung, pelipis, dll.

Piercing ini bisa diperbaiki atau ditutup dengan metode operasi. Bila lubang yang terbentuk sangat lebar, maka diperlukan tindakan operasi kecil untuk menyayat dan menjahit kembali agar lubang yang sudah terbentuk akan menutup. Bila langsung dijahit maka jaringan kulit tidak bisa menyambung sehingga perlu disayat dulu seperti proses penyembuhan luka baru. Namun bila lubangnya kecil, terkadang tidak memerlukan tindakan lanjut, cukup anting dilepas dan dengan berjalannya waktu akan kembali menutup lagi.

Tindakan rekonstruksi bekas piercing ini bisa dilakukan oleh dokter bedah umum, atau dokter spesialis bedah plastik bila Anda mengingatkan hasil yang lebih baik. Namun tentunya biaya yang dikeluarkan akan lebih mahal. Selain itu karena ada proses penjahitan luka maka tentunya akan meninggalkan bekas. Tindakan ini bisa dilakukan di Rumah Sakit Umum selama ada dokter bedah umum atau dokter bedah plastik.

Salam sehat,

dr. Vina

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

cara mengatasi bekas jahitan operasi caesar yang terasa perih

5 Cara Mengatasi Luka Bekas Jahitan Caesar yang Gatal dan Perih (Plus Mencegahnya!)

Luka bekas jahitan operasi caesar yang terasa perih mungkin menandakan infeksi. Bagaimana cara merawatnya agar tidak semakin perih dan gatal?