Dampak positif dan negatif jika setiap hari minum jus buah?

AR Info Penanya: AR, Pria, 2019 Tahun
Dok.. sy ingin bertanya, adakah dampak positif dan negatif ketubuh dari ketika kita setiap hari meminum buah yang sudah dijus ? Tolong berikan penjelasannya dokter . Terimakasih .
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, AR

Terima kasih atas pertanyaannya.

Jus buah tentu bermanfaat, dari kandungan vitaminnya ada yang sumber vitamin A untuk mata, vitamin B untuk pertumbuhan, vitamin C untuk daya tahan tubuh, vitamin D untuk tulang dan vitamin E sebagai antioksidant. Kebutuhan harian tubuh akan vitamin sebetulnya mudah dicapai jadi tidak perlu asupan buah-buahan secara berlebihan. Kelebihan vitamin kadang bisa berbahaya tapi kejadiannya sangat jarang dan biasanya terjadi pada penggunaan suplemen yang mengandung vitamin dosis tinggi.

Kekurangan lainnya pada proses pembuatan jus. Serat alaminya akan hilang saat diblender, kemudian penambahan susu atau gula juga tidak baik jika berlebihan. Penggunaan air tidak matang atau kurang bersih dapat mengakibatkan gangguan pencernaan. Semoga penjelasannya bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penderita ankylosing spondylitis berisiko tinggi mengalami patah tulang sehingga membutuhkan vitamin D

Vitamin untuk Tulang dan Sendi Bagi Penderita Ankylosing Spondylitis

Ankylosing spondylitis adalah kondisi tulang belakang dan sendi yang rapuh dan rentan patah. Penderita ankylosing spondylitis membutuhkan vitamin D dan vitamin B12 untuk menjaga kepadatan tulang.