Dampak infeksi tokso pada hewan peliharaan kucing terhadap kehamilan

OW Info Penanya: OW, Wanita, 33 Tahun
Mau tanya dok,apakah benar pelihara kucing bisa menyebabkan sulit hamil dan terkena virus tokso???klo.benar apa yg harus dilakukan agar tetap bs pelihara kucing dg aman??trmksh
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, OW

Terimakasih atas pertanyaannya,

Infeksi Tokso atau yang biasa disebut dengan Toksoplasmosis merupakan infeksi pada manusia yang ditimbulkan oleh parasit protozoa (organisme bersel satu) Toxoplasma gondii (T. gondii) yang penyebarannya bisa terjadi melalui makanan (daging yang tidak dimasak sempurna (terutama daging kambing), sayuran mentah yang tidak dicuci dengan bersih), air yang sudah terkontaminasi serta bisa juga ditularkan dari hewan ke manusia. Pada hewan, toksoplasma bukan berasal dari bulunya tapi dari kotoran yang dikeluarkan. Dan risiko toksoplasma lebih besar berasal dari anjing dibandingkan kucing.

Infeksi parasit ini umumnya tidak membahayakan pada orang yang sehat, karena sistem kekebalan tubuhlah yang berperan dalam mengendalikan infeksi parasit ini. Menurut penelitian, memelihara kucing tidak akan memengaruhi kesuburan wanita. Namun, infeksi toksoplasma pada pria lah yang dapat mempengaruhi kesuburan karena pada pria, infeksi toksoplasma bisa mengganggu fungsi alat reproduksi, di antaranya: menyebabkan peradangan di saluran sperma dan pembengkakan kelenjar getah bening disekitarnya. 

Infeksi toksoplasma yang diderita orang dewasa bisa disembuhkan dengan terapi dan pengobatan. Maka dari itu hendaknya sebelum melakukan program untuk hamil, suami-istri disarankan untuk melakukan tes darah TORCH terlebih dahulu untuk mengetahui apakah ada infeksi toksoplasma yang diderita.

Penanganan medis serius perlu dilakukan jika infeksi ini menyerang seseorang dengan sistem imunitas rendah atau wanita hamil, karena dapat mengakibatkan komplikasi yang berat. Pada wanita hamil yang terinfeksi Toksoplasma, rentan mengalami keguguran karena parasit tokso ini akan menyerang janin di dalam kandungan. 

Berikut beberapa langkah pencegahan bagi yang memelihara kucing :

  • Hendaknya untuk senantiasa menjaga kesehatan hewan peliharaan dengan memeriksakan ke dokter hewan dan memberikan vaksin yang diperlukan. Sebaiknya hindari memelihara kucing liar, karena lebih rentan terinfeksi parasit T. gondii
  • Selalu gunakan sarung tangan ketika membersihkan tempat kotorannya
  • Berikan kucing makanan yang sudah diolah atau kering dan kalengan daripada daging yang mentah
  • Latihlah kucing untuk tidak mebuang kotoran sembarangan

Karena infeksi tokso pada kotoran kucing bisa menginfeksi manusia jika masuk melalui mulut. maka jangan lupa untuk mencuci bersih tangan setelah membersihkan bak pasir atau kandang kucing peliharaan ya..

Jika anda menginginkan informasi lebih lanjut Anda dapat berkonsultasi langsung dengan Dokter Spesialis Kandungan. Berikut saya lampirkan artikel berbagai jenis infeksi yang dapat muncul pada masa kehamilan sebagai informasi tambahan.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat, terimakasih telah menggunakan layanan SehatQ.

Salam Sehat,

dr. Rahmita Dewi

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kalau mengidam makanan manis, jangan langsung yakin bahwa Anda sedang hamil bayi perempuan.

Ciri-ciri Hamil Bayi Perempuan yang Sebenarnya Mitos Belaka

Apakah mungkin ibu hamil bisa memprediksi jenis kelamin anaknya melalui gejala yang dirasakan? Namun, apakah prediksi tersebut akurat? Atau hanya mitos? Berikut ini ciri-ciri hamil bayi perempuan yang sebenarnya mitos belaka.