18 Sep 2021, 13:22Kandungan

dampak Herpes pada ibu hamil

P
Info Penanya: P0
Dokter, saya hamil 30 minggu dan tiba tiba muncul herpes rasanya pedih dan gatal sekali. Apa penyebab dari muncul herpes pada ibu hamil? Apakah benar penyakit herpes pada wanita hamil bisa memengaruhi perkembangan dan kesehatan janin dalam kandungan? Cara mengatasinya gimana, ya Dok?
62 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat pagi PHerpes adalah suatu penyakit kulit yang disebabkan infeksi virus Herpes Simpleks (HSV) yang menular melalui kontak kulit, hubungan seksual, atau penggunaan alat seks bersama-sama. Virus herpes sekalinya masuk ke dalam tubuh maka tidak akan hilang namun tidak selalu aktif menginfeksi karene imunitas tubuh. 

Herpes Pada Ibu Hamil

Pada infeksi herpes bisa dirasakan demam, nyeri otot, mual, lelah, dan muncul lenting-lenting berisi air, gatal dan perih di bagian kelamin. Bahaya tidaknya herpes pada kehamilan tergantung dari kapan pertama kalinya anda terinfeksi herpes. Berikut bahaya herpes pada kehamilan:
  • Terinfeksi sebelum kehamilan, resiko infeksi pada janin sangat kecil dan janin mendapatkan antibodi dari ibu
  • Terinfeksi pada trimester 1 dan 2, dapat mengganggu perkembangan bayi hingga menyebabkan keguguran
  • Terinfeksi pada trimester 3 dan mendekati kelahiran, besar kemungkinan janin terinfeksi dan menyebabkan herpes neonatal

Mengatasi Herpes Ibu Hamil

Untuk mengatasi hal tersebut sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter kandungan terakit kondisi dan pengobatan antivirus yang diperlukan untuk mencegah infeksi herpes yang lebih berat. Akan dipertimbangkan kelahiran melalui operasi caesar untuk menghindari kontak bayi dengan vagina yang terinfeksi herpes.Selain itu penting pula untuk tetap selalu mengusahakan daya tahan tubuh yang kuat agar dapat mencegah reaktivasi virus atau melawan infeksi virus herpes yang ada. Caranya adalah dengan konsumsi makanan bergizi dan alami, tidak stres, istirahat cukup, berolahraga ringan untuk ibu hamil dan kontrol kandungan secara rutin.Semoga bermanfaat Salam sehatdr. Pany 
kehamilanherpesinfeksi virusmasalah kehamilanherpes genitalherpes simplex tipe 1
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil