Dampak gatal yang digaruk

CC Info Penanya: CC, Wanita, 2019 Tahun
Mau tanya nih dok,kenapa kalau gatal digaruk terus terjadi benjolan terus keras kulit nya.?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang CC,

Rasa gatal merupakan suatu tanda yang diberikan oleh tubuh bila ada masalah di tubuh terutama kulit. Rasa gatal tersebut bisa disebabkan oleh :

  1. Infeksi jamur.
  2. Gigitan serangga.
  3. Alergi.
  4. Kulit kering.
  5. Penyakit kulit lainnya seperti psoriasis, scabies
  6. Kehamilan.

Umumnya ketika muncul rasa gatal, orang akan menggaruk daerah yang gatal tersebut. Garukan merupakan usaha tubuh untuk menyinggirkan gangguan yang ada di kulit dan hal ini akan mengakibatkan pelebaran pembuluh darah yang ada di kulit. Semakin kuat seseorang menggaruk maka pembuluh darah yang ada di kulit akan semakin melebar dan memunculkan warna merah. Bila hal ini berlangsung cukup lama, maka kulit akan teriritasi dan mengalami peradangan ringan, hal ini yang menyebabkan kulit berwarna merah dan teraba lebih keras dibanding kulit sekitarnya. Bila gangguan dan peradangan pada kulit sudah menghilang, maka kulit akan berangsur-angsur kembali seperti normal. Namun bila garukan menyebabkan lecet pada luka, maka proses pemulihan akan berlangsung lebih lama.

Sebaiknya ketika muncul rasa gatal misal akibat gigitan nyamuk, cukup menepuk-nepuk bagian yang gatal saja jangan digaruk karena garukan yang terlalu bersemangat dapat menimbulkan lecet dan infeksi terutama pada kuku yang panjang dan tidak bersih. Sehingga perlu dijaga kebersihan kuku dengan cara rutin memotong kuku dan rutin cuci tangan.

Sekian yang dapat saya jelaskan, semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Syok termasuk kondisi darurat medis yang bisa berakibat fatal apabila dibiarkan dan berpotensi kematian

Kenali 4 Jenis Syok yang Bisa Mengancam Nyawa Anda

Syok adalah kondisi darah dan oksigen tidak cukup mengaliri organ dalam tubuh. Ada beberapa gejala seperti nyeri dada. Syok memiliki 4 jenis yang berpotensi kematian. Kenali gejala dan jenis syok agar Anda lebih waspada. Larikan penderita syok ke unit gawat darurat untuk mendapat penanganan sesegera mungkin.