Jarang mengganti celana dalam, apakah dampaknya?

SK Info Penanya: SK, Pria, 17 Tahun
halo dokter, saya mau bertanya, apa saja kah dampak buruk bagi seorang pria yang jarang untuk mengganti celana dalam. terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, S

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Celana dalam merupakan sebuah pakaian yang digunakan untuk melindungi organ kemaluan baik pria dan wanita dari serangga ataupun benda asing. Selain itu, penggunaan celana dalam juga berfungsi untuk menyerap keringat pada area kemaluan saat sedang beraktifitas. Sejak balita, umumnya sudah dibiasakan menggunakan celana dalam. 

Beberapa kondisi yang bisa terjadi karena malas ganti celana dalam adalah:

  • Infeksi jamur pada kulit sekitar kemaluan (seperti candidiasis, tinea cruris)
  • Infeksi bakteri
  • Munculnya kutu kemaluan
  • Munculnya aroma / bau yang tidak sedap pada kemaluan
  • Infeksi saluran kemih
  • Munculnya jerawat 
  • Kondisi medis lain terkait dengan kesehatan kulit sekitar kemaluan

Oleh karena itu, alangkah baiknya bila Anda secara rutin mengganti celana dalam setidaknya 2 kali sehari. Gunakanlah celana dalam dengan bahan yang lembut, nyaman dan menyerap keringat dengan baik. Selain itu, Anda juga harus menjaga kebersihan area kelamin Anda, konsumsilah makanan yang sehat dan bergizi, cukupi kebutuhan cairan harian Anda agar tidak dehidrasi, konsumsi buah dan juga sayur mayur, serta lakukanlah olahraga ringan secara rutin agar badan tetap sehat dan bugar. 

Jika terdapat keluhan terkait dengan kesehatan kemaluan atau adanya kondisi medis pada kulit sekitar kemaluan, periksakan diri Anda ke dokter spesialis kulit dan kelamin terdekat.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ada beberapa manfaaat manfaat tumbuhan yang dirawat di rumah, seperti memperbaiki mood

Kuis Forest Viral di Internet, Ini Manfaat Tumbuhan yang Dirawat di Rumah

Kuis Forest yang viral di Internet, membantu menemukan jenis tumbuhan yang sesuai dengan kepribadian Anda. Tak salah, manfaat tumbuhan yang dirawat memang menakjubkan, termasuk untuk kondisi psikologis