Apa saja dampak buruk onani yang berlebih ?

SU Info Penanya: SU, Pria, 1 Tahun
Dok saya mau tanya apa dampak buruk ketika seseorang lebih cendrung melakukan onani/masturbasi secara rutin bahkan hampir menjadi kebiasaan sehari²
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, JS.

Onani atau yang dikenal pula dengan istilah masturbasi adalah perilaku seksual berupa pemberian rangsangan pada alat kelamin sendiri melalui sentuhan dan pijatan untuk mencapai klimaks atau orgasme yang pada pria ditandai oleh pengeluaran sperma (ejakulasi). Adapun onani yang dilakukan dengan bantuan mainan seks. Kendati biasanya masturbasi kerap kali dilakukan kaum pria, namun kaum wanita pun dapat melakukan masturbasi.

Dalam sudut pandang medis, pada dasarnya masturbasi dapat bermanfaat, namun apabila dilakukan secara berlebihan, terdapat pula berbagai efek samping atau dampak buruknya yang bisa ditimbulkan.

Berbagai dampak buruk masturbasi atau onani yang dilakukan secara berlebihan pada pria, diantaranya adalah :

  • luka lecet yang diakibatkan oleh iritasi
  • rasa sakit pada alat kelamin
  • memicu timbulnya penyakit peyronie 
  • memicu penurunan sensitifitas pada alat kelamin
  • dapat memicu ejakulasi tertunda
  • dapat mengakibatkan penis patah
  • menimbulkan adiksi atau kecanduan

Mengenai Anda yang telah memiliki kecenderungan menjadikan onani sebagai kebiasaan sehari-hari kemungkinan telah mengalami kecanduan sehingga dapat dikategorikan berlebihan. Pada keadaan tersebut, umumnya membutuhkan penangan lebih lanjut agar tidak semakin memburuk. Untuk sementara Anda dapat menerapkan "tips mengatasi onani berlebih" seperti yang terlampir pada artikel berikut ini. Namun jika setelah mencoba tips-tips tersebut keluhan onani berlebih tidak kunjung membaik, berkonsultasilah secara langsung dengan dokter Spesialis Andrologi dan Psikolog.

Salam sehat, dr. Rahmita Dewi
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Obat balanitis dapat beragam berdasarkan pemicunya, seperti krim steroid hingga antibiotik

Pilihan Obat Balanitis pada Pria Berdasarkan Faktor Pemicunya

Obat balanitis akan diberikan dokter berdasarkan penyebabnya. Obat tersebut dapat berupa antibiotik, krim antijamur, hingga krim steroid. Tindakan sirkumsisi atau sunat mungkin akan diperlukan jika balanitis terus kambuh pada penderitanya.