Dalam sehari berapa kali boleh meminum kopi ?

YS Info Penanya: YS, Pria, 28 Tahun
minum kopi starbucks sehari berapa kali bolehnya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, YS.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Kopi merupakan suatu minuman yang berasal dari tanaman yang kaya dengan molekul antioksidan. Namun terdapat kontrofersi dari beberapa kandungan kopi yang bertolak belakang, yakni kandungan kopi yang dikenal dengan kafein dan asam klorogenat. Kedua zat tersebut dapat meningkatkan produksi asam lambung. Namun demikian kopi juga mengandung zat lainnya yang dapat menekan produksi asam lambung. Selain itu juga, kopi pada dasarnya memiliki berbagai manfaat seperti, membakar lemak tubuh, mengandung banyak mineral dan vitamin, meningkatkan stamina, meningkatkan fungsi otak, menambah energi, mencegah demensia dan alzheimer, menurunkan risiko munculnya diabetes, membuat lebih bahagia dan masih banyak lagi manfaatnya.

Berdasarkan uraian tersebut maka, kopi boleh dikonsumsi namun dalam jumlah yang sesuai dan tidak berlebihan. Sebuah penelitian membuktikan adanya peningkatan risiko penyakit jantung pada orang-orang yang mengonsumsi kopi enam gelas atau lebih perharinya. Dibandingkan dengan orang yang mengonsumsinya 1-2 gelas kopi saja perharinya.

Mengenai pertanyaan Anda tentang merk tertentu, boleh saja Anda konsumsi sesuai anjuran pada penelitian yang telah dilakukan yakni 1-2 gelas kopi perharinya. Namun, pada dasarnya kopi yang menyehatkan sebaiknya adalah kopi yang tidak banyak dicampur dengan gula atau krim. Karena justru efek dari gula berlebihan yang dicampurkan kepada minuman kopi tersebut yang dapat merugikan bagi kesehatan. Anda dapat mengganti pemanisnya dengan yang alami dan lebih menyehatkan seperti stevia. 

Apabila Anda masih ragu, Anda dapat mengonsultasikannya kepada dokter Spesiais Gizi.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Hindari kemunculan atau kambuhnya hipertensi atau tekanan darah tinggi dengan makanan penurun darah tinggi, seperti bawang putih

16 Makanan Penurun Darah Tinggi di Sekitar Anda

Tangani hipertensi dengan pemilihan makanan yang tepat! Makanan penurun darah tinggi tidak sulit dicari di sekitar Anda karena beberapa makanan tersebut tersedia di berbagai tempat, seperti tempe, semangka, sayuran hijau, dan sebagainya.