Dalam pengobatan TBC dan gula, mual dan muntah, tidak mau makan dan aktivitas?

WR Info Penanya: WR, Pria, 24 Tahun
Selamat siang dokter, mohon maaf saya ingin bertanya tentang penyakit TBCIstri saya tertulat penyakit TBC dari saya. Dan setelah pemeriksaan TB dokter nya juga memeriksa gula darah dan istri saya mengidap penyakit gula darah juga. Sudah hampir 1bulan ini istri saya menjalani pengobtan 2 penyakit sekaligus, tetapi selama pengobatan istri saya tidak mau makan dan kalau habis minum obat TB dia selalu bilang mual,pusing,lemes dan muntah, mau ke kamar mandi saja harus di papah karna lemas badannya, sempat saya bawa ke IGD tapi tidak sampai di opname,hanya di infus saja dan dikasih obat,dokter IGD menyarankan kami untuk konsultasi lagi dengan dokter yg menangani penyakit TB istri saya, dokter TB nya pun menyarankan istri saya untuk merubah jam minum obat TB nya, menjadi 2jam setelah sarapan pagi,yg awalnya setelah bangun pagi, dan sudah 1 minggu lebih dirubah cara minum obat nya tetapi tetap saja tidak ada perubahan buat istri saya,tiap hari masih sakit, tidak mau makan, kepala pusing badan lemas dan mual-mual tidak bisa kativitas sama sekali, siang hari setelah makan siang istri saya suka muntah dan mual nya datang tiba2 dan berat badan istri saya juga menurun derastis, hal ini sudah kita konsultasikan lagi sama dokter TB yg menangani istri dan saya. Tapi dokter nya hanya memberi obat mual dan vitamin, lalu menyarankan jika keadaan nya terus melemah, langsung bawa ke IGD lagi agar dapat infusan dan bila perlu dirawat. Mohon saran nya dokter mengenai hal ini apa yang harus saya lakukan agar istri saya tidak berhenti konsumsi obat TB dan obat diabetes nya,tetapi dia bisa sehat seperti biasanya. Terimakasih banyak atas waktu dan jawabannya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, WR

Terima kasih atas pertanyaannya.

Selain obat TBC, obat untuk gula darahnya juga bisa membuat gula drop dan semakin lemas. Apalagi bila asupan makannya berkurang. Pengobatan TBC harus disiplin dengan tujuan sembuh dan bila tidak disiplin harus mulai kembali dari awal, dengan obat yang lebih mahal dan waku pengobatan yang lebih lama. Itu harus menjadi motivasi ibu untuk sembuh.

Mual dan muntah akibat banyaknya obat yang perlu dikonsumsi seperti yang tertulis pada artikel Apa Saja Penyebab Terjadinya Muntah. Untuk mengantisipasinya selain dengan obat-obatan untuk mengurangi mual dan asam lambung yang diberikan oleh dokter, anda bisa menyiasatinya dengan makan sedikit-sedikit namun sering. Hindari makanan terlalu berbumbu, berminyak dan asam. Walau mulut terasa pahit, jangan mengkonsumsi buah yang asam dalam keadaan perut kosong. Kemudian ibu juga harus jangan terlalu stres karena malah akan memperberat gejala lambungnya.

Selain ke Dokter untuk pengobatan TBC, sebaiknya konsultasi juga ke Dokter Spesialis Penyakit Dalam terutama yang ahli bidang pencernaan (gelarnya SpPD, KGEH) agar bisa mendapat terapi yang sesuai.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Muntah dengan jumlah banyak pada bayi biasa disebut dengan muntah proyektil

Waspadai Muntah Proyektil: Bayi Muntah dan Menyembur dalam Jumlah Banyak

Gumoh pada bayi memang biasa, namun menjadi tidak biasa ketika bayi muntah menyembur dan dalam jumlah banyak yang disebut muntah proyektil. Jika dibiarkan, bayi dapat mengalami dehidrasi.