Dahak dan lendir akibat apa?

AN* Info Penanya: AN*, Pria, 2019 Tahun
Kenapa didalam tubuh saya selalu banyak cairan lendir seperti dahak dan itu sangat mengganggu performa aktifitas saya ? Tq.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Sore, FF

Apakah lendir yang dimaksud dari batuk yang berdahak? Hal tersebut adalah reaksi dari tubuh akibat adanya benda asing dalam paru-paru atau saluran nafas. Misalnya debu atau makanan. Beberapa pemicu seperti :

1. virus, pada saat anda pilek dan flu. Maka dahak akan diproduksi untuk mengeluarkan kuman dari saluran nafas.

2. Alergi dan Asma. Saluran nafas anda lebih sensitif terhadap zat asing yang masuk sehingga anda akan batuk dan menghasilkan dahak lebih banyak.

3. Iritasi. Misalnya disebabkan udara dingin, asap rokok atau bau parfum juga memberi reaksi yang sama pada orang tertentu.

4. Asam lambung. Bila anda sering sakit maag dan produksi asam lambung anda banyak. Pada malam hari akan naik sampai dengan kerongkongan dan menghasilkan batuk berlendir.

Untuk mengurangi gejala anda perlu banyak minum air hangat, menghirup udara hangat dan lembab. Bila keluhan anda sampai menganggu aktivitas anda, sebaiknya konsultasi dengan Dokter untuk penanganan selanjutnya.

Semoga saran saya bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gejala asal lambung naik yang paling umum terjadi adalah heartburn

Kenali 7 Gejala Asam Lambung Naik agar Bisa Diatasi dengan Tepat

Gejala asam lambung naik atau gastroesophageal reflux disease (GERD) bisa ringan dan parah. Mulai dari heartburn, mulut terasa asam, rasa pahit di belakang mulut, kesulitan menelan, hingga batuk-batuk. Meski tidak bisa disembuhkan, GERD bisa dikendalikan agar tak terus mengganggu penderitanya.