14 Dec 2020, 13:38Pernapasan

Dahak berdarah tanpa batukapa penyebabnya ?

MB
Info Penanya: MB0
Siang dok.... Dok saya sering mengeluarkan Dahak yg berdarah tanpa batuk Saya sering merasakan dahak terasa mengganjal di tenggorokan Setiap saya keluarkan dahaknya pasti memiliki bercak darah yg hampir sepenuhnya menutupi warna dahak, untuk warnanya sendiri terkadang br warna merah segar, dan warna merah yg cenderung sedikit aga gelap.
314 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat pagi MB.Pada dasarnya lendir/dahak selalu diproduksi pada saluran nafas untuk menjaga kelembapan dan menahan benda-benda asing masuk ke dalam tubuh. Lendir/dahak yang normal biasanya berwarna bening atau putih. Pada kondisi-kondisi infeksi dahak bisa menjadi warna kekuningan, kehijauan, atau terdapat bercak kemerahan.Dahak berdarah bisa menjadi tanda adanya kondisi yang serius dan dapat disebabkan oleh beberapa sebab. Perlu diketahui dulu ciri-ciri darah yang keluar apakah berwarna merah kehitaman atau darah segar. Kemudian apakah disertai dengan gejala sesak, pusing, lemas, demam, mual muntah, nyeri dsb. Darah yang keluar menandakan adanya suatu peradangan kronis yang akut yang membuat pembuluh darah melebar dan menipis sehingga mudah terjadi perdarahan.

Penyebab dahak dengan bercak darah :

  • TBC (tuberculosis)
  • Varises esofagus
  • Infeksi paru seperti pneumonia atau bronkitis
  • Peradangan paru kronis (PPOK)
  • Cedera
  • Penggunan inhaler atau narkoba yang dihirup
  • Kelainan pembekuan darah
  • Peradangan lambung
  • Keganasan (tumor/kanker tenggorokan atau paru)
Perlu pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui penyebab keluarnya dahak disertai darah. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis paru mengenai hal ini. Sementara hal-hal yang bisa anda lakukan adalah istirahat cukup, tidak beraktivitas berat, tidak bergadang, hindari merokok, minum alkohol, atau obat-obat hirup, hindari polusi dan debu, banyak konsumsi air putih, serta perbanyak buah sayur.Semoga bermanfaat. Salam sehat.dr. Pany CL
penyakit paru-parukanker nasofaringtbckanker esofagusbronkitispneumonia
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil