02 Jul 2020, 17:36Pernapasan

Batuk berdarah, penyebabnya apa ya?

AY
Info Penanya: AY, Pria, 24 Tahun
Sore dok waktu itu lagi tidur sebelumnya makan anggur dan belanja ke supermarket tengah malem lagi tidur tiba-tiba batuk kaya keselek terus keluar dahak ada darahnya ukuran kuning telur teksturnya juga sama kaya telur yg pertama nah setelah itu yg kedua tiba-tiba naik sendiri dahaknya tanpa batuk warna darah juga, itu kenapa ya dok?Sebelumnya dan sampe sekarang gak sering batuk
5226 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat siang, AY.Batuk berdarah adalah kondisi yang bisa membuat seseorang menjadi khawatir. Ketika batuk mengandung darah, berarti ada bagian saluran pernapasan yang terluka. Perlukaan tersebut bisa terjadi di bagian bawah saluran napas (bronkus, bronkiolus, alveolus) ataupun di tenggorokan.

Beberapa penyebab batuk berdarah adalah:

1. TB paru (tuberkulosis paru)

TB paru adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis. Selain batuk berdarah, penyakit ini biasanya memiliki gejala lain seperti demam, keringat malam, ataupun berat badan yang menurun.

2. Kanker paru

Sering dikaitkan dengan kebiasaan merokok, kanker paru adalah hal yang terjadi ketika ada mutasi genetik sel paru-paru. Ada beberapa jenis kanker paru yang saat ini dikenal, salah satunya adalah kanker paru sel kecil.

3. Trauma thorax

Ketika dinding dada mengalami trauma fisik (benturan, pukulan, tusukan, dan lain-lain), maka saluran napas dapat mengalami perlukaan yang menyebabkan batuk berdarah.

4. Luka pada tenggorokan

Luka pada tenggorokan bisa disebabkan oleh tergores saat mengonsumsi makanan tajam, dan darah tersebut bisa keluar pada saat batuk.  Untuk memastikan kondisi Anda, sebaiknya Anda berkonsultasi ke dokter spesialis paru agar dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang yang dibutuhkan. Dengan demikian, akan diberikan terapi yang sesuai.Lalu, hindari dulu makanan pedas dan berminyak untuk sementara waktu ya, karena dapat memicu produksi lendir pada tenggorokan. Minum air putih yang cukup, atau air rebusan jahe yang baik bagi pernapasan. Jangan lupa, hindari merokok, asap, polusi, dan debu. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
tbckanker paru-parubatuk berdarah
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil