Apa penyebab batuk darah?

WF Info Penanya: WF
Dok umur saya 19 tahun,sering sesak nafas dan sudah 3 bulan ini sering dahak bercampur darah, walaupun saya tidak sedang sakit pilek dan batuk itu kenapa ya dokkDan sering di bagian lambung terasa sesak
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, WF.

 

Batuk darah merupakan batuk dengan dahak bercampur darah, hal ini adalah tanda terjadinya kondisi tidak normal pada saluran pernapasan bahkan paru-paru. 

Berikut ini merupakan penyebab batuk disertai dengan dahak bercampur darah:

  • TBC paru, ditandai dengan batuk lebih dari 2 bulan, batuk disertai dengan darah, demam ringan, keringat berlebih di malam hari, nafsu makan menurun, dan dapat disertai sesak napas.
  • Pneumonia, ditandai dengan batuk lebih dari 2 minggu dengan dahak kuning kehijauan dapat juga disertai darah, demam tinggi, dan sesak napas.
  • Bronkiektasis, ditandai dengan terjadi infeksi yang melukai dinding saluran udara, dengan gejalanya batuk berdarah.
  • Emboli paru, penyumbatan pembuluh darah di paru-paru sehingga dapat menghalangi aliran udara yang normal, gejalanya batuk berdarah, sulit bernapas, nyeri di dada atau punggung bagian atas, hingga pembengkakan di kaki.
  • Bronkitis, biasanya diakibatkan oleh asap rokok, debu, dan alergen lain, gejala berupa sesak napas, adannya mengi, dan disertai batuk berdarah.
  • kanker paru, ditandai dengan batuk berdarah, batuk terus menerus, nyeri saat bernapas atau batuk, kelelahan, dan sesak napas.

Terkait dengan keluhan yang Anda alami untuk memastikan penyebab pastinya Anda harus diperiksa oleh dokter spesialis paru agar dilakukan pemeriksaan fisik serta foto rongsen dada, pemeriksaan dahak serta bronkoskopi.

Sementara Anda dapat melakukan penanganan dirumah:

  • Minumlah madu untuk membantu mengurangi proses peradangan.
  • Banyak minum air putih minimal 2 liter/ hari.
  • Hindari membatukkan kerasa agar darah tidak semakin keluar.
  • Jika darah yang keluar sudah mencapai 240 ml atau 1 gelas air mineral segera datang ke unit gawat darurat.

 

Semoga bermanfaat, terima kasih atas pertanyaan Anda di forum SehatQ.

Salam sehat,

 

dr. Sri Wulantini

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Komplikasi corona merupakan penyebab banyaknya korban meninggal

10 Komplikasi Corona Ini Berisiko pada Pasien Positif Covid-19

Komplikasi corona yang terjadi bisa sangat berbahaya, bahkan hingga menyebabkan kematian. Komplikasi yang dapat muncul salah satunya adalah gagal pernapasan.