21 Nov 2020, 21:38Pernapasan

Anak terkena pneumonia, perlukah diuap dengan ventolin?

FA
Info Penanya: FA0
Malam dokter, saya Fitri dari Solo Mohon pencerahannya dokter, terkait putri saya usia 16 bulan. Sebelumnya pernah dirawat karena pneumonia saat usia 8 bulan. Sekarang kambuh lagi sudah 10hari, batuk dan dahaknya tidak mau keluar. Setiap pagi selalu berjemur dan ditepuk bahunya dan terapi sinar setiap 2x dalam seminggu. Perlukah diuap menggunakan ventolin dokter?
34 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat siang, FAW.Pneumonia adalah peradangan pada paru-paru, yang dapat disebabkan oleh infeksi bakteri, virus, bahkan jamur. Gejala pneumonia yang umum dialami adalah demam, batuk berdahak, hingga sesak napas. Derajat pneumonia bervariasi mulai dari ringan hingga berat, dan apabila berat maka perlu ditangani secara serius agar tidak menyebabkan komplikasi.Terkait kondisi anak Anda, apabila anak memiliki riwayat pneumonia pada usia 8 bulan, maka saat ini (usia 16 bulan) dapat disebabkan oleh pneumonia atau hal berbeda. Beberapa penyebab batuk berdahak selain pneumonia yang mungkin dialami anak Anda adalah:
  • Tonsilofaringitis (radang amandel dan tenggorokan)
  • Tuberkulosis paru
  • Batuk alergi
  • Asma
Penanganan awal berupa berjemur matahari sambil menepuk bahu anak sudah benar. Usahakan juga agar anak menghirup uap dari air hangat. Sedangkan untuk menghirup ventolin, sebaiknya pastikan dulu penyebab pastinya. Pasalnya, ventolin mengandung salbutamol yang termasuk ke dalam obat golongan keras, yang sebaiknya digunakan dengan anjuran resep dokter.Anda dapat menceritakan hal ini pada saat jadwal terapi sinar anak. Apabila yang melakukan sinar bukanlah dokter, Anda dapat merencanakan untuk melakukan konsultasi ulang kepada dokter spesialis anak. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
asmapneumoniatonsilitis
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil