Kenapa dahak ada darah tanpa batuk?

AA Info Penanya: AA, Wanita, 26 Tahun
Dok.. saya mau tanya tadi saya dahak ada darah dok, itu kenapa ya.. tp saya tidak batuk, cuma td emng agak sengaja biar saya mual, soalnya akhir" ini tenggorokan saya spt ada dahak yang mengganjal dok, bagaimana itu dok ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang AA,

Dahak adalah usaha pertahanan tubuh untuk menyingkirkan iritan yang ada di dalam tenggorokan atau paru-paru. Iritan tersebut dapat berupa makan makanan yang banyak micinnya, pewarna, atau pemanis, bakteri, virus, dll. Adanya hal-hal tersebut akan merangsang tenggorokan memproduksi lendir lebih banyak untuk dikumpulkan agar bisa dibuang ketika batuk.

Perihal dahak yang disertai dengan darah perlu dibedakan apakah hanya bercak darah yang dapat terjadi akibat iritasi ringan pada tenggorokan atau sepenuhnya darah semua yang biasanya lebih serius yang bersumber dari paru-paru seperti TBC paru, kanker paru atau perdarahan dari lambung.

Namun bila perdarahan dari lambung maka darah yang keluar akan berwarna lebih gelap karena sudah bereaksi dengan asam lambung.

Sementara yang dapat Anda lakukan untuk mencegah agar tidak semakin parah adalah :
  1. Perbanyak minum air minimal 2 liter/ hari.
  2. Hindari makanan atau minuman panas.
  3. Hindari gorengan agar tenggorokan tidak semakin teriritasi.
  4. Hindari makanan yang pedas, asam, kopi, soda serta alkohol.

Namun sebaiknya Anda segera periksa ke dokter untuk memastikan kondisi Anda, 

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Madu dapat digunakan untuk mengatasi batuk berdarah

Cara Mengobati Batuk Berdarah Secara Alami, Apakah Ada?

Sebagian besar kasus batuk berdarah hanya bisa diatasi melalui penanganan medis. Obat batuk berdarah juga dapat diobati dengan bahan alami seperti madu, jahe, nanas, dan lainnya.