13 Dec 2020, 01:17Penyakit Lainnya

Keluar dahak bercampur darah, apa penyebabnya?

ZG
Info Penanya: ZG0
halo dok,saya mau tanya dlm bbrp hari ini saya mengeluarkan dahak dan ingus tapi ada bercak darah,saya kira itu darah saya tidak ada batuk atau yang lainnya,tapi hari minggu kemarin kepala saya sempat terbentur dengan keras dok,apa itu pengaruh ya dok ?
6380 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat sore, ZTerima kasih atas pertanyaan AndaDahak adalah lendir yang biasanya keluar dari saluran napas, biasanya keluar ketika seseorang sedang batuk. Adanya bercak darah ataupun warna dari dahak yang keluar dari tubuh bisa mengindikasikan kemungkinan penyebab dari dahak tersebut.

Adapun beberapa kemungkinan penyebab dahak bercampur darah adalah:

  • Adanya luka dan iritasi pada saluran napas
  • Penyakit TB paru
  • Kanker paru
  • Adanya pembuluh darah yang pecah di hidung, seperti saat mimisan
  • Radang tenggorokan
  • Adanya penyakit paru-paru yang lainnya
Terkait dengan keluhan Anda, beberapa kemungkinan penyebab bisa dikarenakan kodnisi-kondisi yang terlah disebutkan di atas. Adanya benturan pada kepala, perlu dipastikan terlebih dahulu bagian mana yang mengalami benturan, jika pada bagian wajah atau hidung, maka hal ini bisa berkaitan dengan keluhan Anda saat ini. Oleh sebab itu, sebaiknya lakukanlah pemeriksaan ke dokter spesialis THT terdekat untuk dilakuan pemeriksaan sehingga Anda akan mendapatkan tatalaksana yang sesuai.Usahakan Anda minum air putih cukup, konsumsi minuman hangat, konsumsi makanan bertekstur lunak untuk sementara waktu, hindari makanan pedas berlemak dan berminyak, konsumsi buah dan sayur, hindari merokok dan pastikan udara di sekitar Anda memiliki sirkulasi yang baik.Semoga bermanfaat. Salam sehat, dr. Dwiana A
mimisanpendarahanbatuk berdahak
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil