Daging tumbuh seperti cacing pada mata

E Info Penanya: E, Wanita, 48 Tahun
Dokter, saya melihat seperti ada cacing atau cairan yang bergerak di mata, terlihat sangat jelas apabila di luar ruangan atau di tempat terang. Apakah penyebabnya, Dok? Dan tindakan seperti apa yang bisa dilakukan untuk menghilangkan atau menguranginya? Mohon penjelasannya dan terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Yth Ibu E,

Ada jenis cacing yang dapat hidup  dan menginfeksi mata manusia. Jenis cacing ini dikenal dengan nama Loa Loa Filariasis. Asalnya dari lalat bakau dan umumnya ada di daerah Afrika, India dan telah menyebar di daerah Asia lainnya. Bila tidak segera diobati, kondisi ini dapat menyebar dan menyebabkan kebutaan.

Bisa juga yang terlihat pada mata Bapak adalah semacam daging tumbuh, atau dikenal dengan nama Pterigium. Kondisi ini umumnya terdapat pada orang yang hidup di daerah tropis, sering bekerja di luar ruangan di daerah berangin dan berpasir. Bila pterigium membesar dan menutupi lapangan pandang maka akan mengganggu penglihatan. Pengobatannya adalah dengan pengangkatan pterigium dengan tindakan operasi kecil.

Saran kami untuk lebih pastinya apa yang ada di mata Bapak saat ini, sebaiknya Bapak mengunjungi Dokter Spesialis Mata untuk berkonsultasi dan diperiksa lebih lanjut.

 

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sumber vitamin A baik untuk mata minus anak

Atasi Rabun Jauh Anak dengan 5 Vitamin Ini

Beberapa kebiasaan anak dapat menyebabkan anak mengalami rabun jauh, salah satunya adalah bermain gadget atau game di komputer. Beberapa vitamin dapat membantu anak anda jauh dari mata minus atau rabun jauh. Vitamin C, A, E, B3, dan B2 dapat mengatasi rabun jauh.