06 Oct 2021, 01:38Penyakit Lainnya

Beberapa penyebab benjolan payudara

FK
Info Penanya: FK0
Halo dok Saya mau tanya. Saya punya daging tumbuh posisinya disamping puting tepat dan sudah besar melebihi ukuran puting . Apa yang harus saya lakukan ? Apa perlu di operasi ? Jika perlu kira kira biayanya berapa ya dok ??
143 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Elsinda Eka Sari
(0)
Selamat pagi, FK.Adanya benjolan atau daging tumbuh pada daerah payudara tentunya dapat menimbulkan rasa cemas dan takut. Pasalnya dalam keadaan normal tidak ada benjolan apapun yang tumbuh pada payudara. Lalu apa saja penyebab munculnya daging tumbuh atau benjolan pada payudara?

Penyebab benjolan pada payudara :

  • Fibroadenoma. Benjolan padat, kenyal dan lunak merupakan tumpr jinak. Biasa pada wanita usia 20-30 tahun dan resiko tinggi terjadi pada pengguna kontrasepsi.
  • Fibrokistik. Ada nyeri, keluarnya cairan dari puting susu, benjolan membentuk kista. Tumor jinak ini terjadi pada usia 30-50 tahun dan karena gangguan hormon tubuh.
  • Filodes. Tumor jinak tanpa adanya rasa nyeri yang dapat tumbuh cepat dan bisa menyebabkan luka terbuka pada kulit payudara.
  • Lipoma. Benjolan lemak yang terdapat pada payudara dan tidak nyeri.
  • Mastitis. Infeksi bakteri pada payudara, biasanya meradang dan nyeri.
  • Keganasan atau kanker payudara
Untuk mendiagnosis kondisi ini perlu pemeriksaan lebih lanjut seperti mammografi, USG, MRI bahkan biopsi. Segera periksakan diri anda ke dokter spesialis bedah untuk penanganan lebih lanjut. Dan disarankan untuk rutin melakukan SADARI (Periksa Payudara Sendiri) di rumah. Sekian dan semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Elsinda
kanker payudaratumor jinak payudarapayudara
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil