Kenapa ada danging tubuh di vagina?

G Info Penanya: G, Wanita, 28 Tahun
Dok, di lubang kemaluanku ada seperti daging tumbuh yg menggantung keluar sebesar kacang yg seperti kantong. Kalo sedang haid, bisa keluar darah dr situ. Itu apa ya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore G,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Beberapa penyebab benjolan pada vagina :

  1. Kista bartholini
    Terjadi akibat penyumbatan pada saluran kelenjar bartholini. Saluran yang tersumbat akan menampung kelebihan cairan dan kemudian berkembang menjadi kista. Kista bartholini dapat makin membesar setelah berhubungan seksual karena penambahan cairan yang di produksi kelenjar bartholini saat terjadi hubungan seksual. Penyebabnya infeksi bakteri, iritasi jangka panjang, atau peradangan.
  2. Kutil kelamin atau kondiloma akuminata
    Merupakan infeksi akibat virus dapat tumbuh satu persatu atau bisa tumbuh berdekatan seperti jonjot daging.
  3. Prolaps uteri
    Otot dasar dari jaringan ikat dari pelvis melemah dan mereggang sehingga tidak bisa menyangga rahim. Akibatnya rahim menjadi turun dan menonjol ke vagina.
  4. Tumor (mis. tumor hemangioma)
    Mungkin dapat mudah berdarah, sehingga dapat menyebabkan perdarahan menstruasi yang berat.

Saran saya tetap jaga kebersihan organ intim Anda, memakai pakaian dalam yang nyaman dan berbahan katun serta menyerap keringat, mengurangi mengejan berlebihan, konsumsi makanan yang banyak mengandung serat seperti sayur dan buah, hindari untuk terlalu sering meraba benjolan karena dapat membuatnya semakin berdarah atau semakin bengkak. Lakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter kulit dan kelamin jika benjolan tidak kunjung membaik dan bertambah besar.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Keputihan normal warnanya bisa beragam, tergantung dari fase siklus menstruasi yang sedang dilewati

Ciri Keputihan Normal dari Segi Warna, Bau, dan Konsistensi

Berbeda dari keputihan yang dapat dianggap sebagai tanda gangguan kesehatan, keputihan normal memiliki cirinya sendiri. Keputihan normal datang tanpa rasa gatal, nyeri atau kemerahan. Kemunculan keputihan penting untuk wanita karena dapat memperkirakan masa subur.