10 Sep 2021, 09:50Penyakit Lainnya

Daftar KIS PBI bagaimana caranya?

AI
Info Penanya: AI0
Dok saya baru saja menikah dan sudah mengurus KK baru, saya punya KIS PBI sedangkan istri saya tidak punya. Kalo misalkan saya ingin mendaftarkan istri untuk dapat KIS PBI bisa tidak? Kalo bisa bagaimana caranya?
107 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo A,KIS atau kartu indonesia sehat, saat ini sudah berganti nama menjadi kartu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan atau BPJS. BPJS memiliki kartu yang dapat digunakan untuk melakukan pemeriksaan ke layanan jaminan kesehatan terdekat dari area tempat tinggal Anda. Pendaftaran untuk memiliki kartu BPJS untuk penerima bantuan iuran (PBI) dapat dilakukan dengan mendaftar secara offline maupun online. 

Cara daftar BPJS offline

  • Bawa fotokopi KTP dan KK yang sudah terdaftar pada Dukcapil, ke kantor BPJS terdekat.
  • Memilih fasilitas kesehatan terdekat sesuai domisili untuk seterusnya melakukan pemeriksaan ke tempat tersebut dengan membawa kartu
  • Membayar iuran pertama setelah mendapat nomor virtual account dari BPJS.
Seluruh anggota keluarga dalam KK, harus didaftarkan BPJS secara bersamaan, Anda dapat juga mendaftar BPJS online melalui website ataupun aplikasi JKN mobile yang dapat di download di handphone. Pendaftaran di aplikasi ini cukup mudah, Anda hanya perlu mengisi data-data sesuai dengan yang tertera di KTP dan KK ANda. Anda juga dapat menghubungi call center BPJS atau mendatangi kantor BPJS terdekat jika mengalami kendala dalam melakukan pendaftaran secara online.
Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
bpjs kesehatanmenjaga kesehatanpeserta bpjs
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil