Daerah sekitar mata terasa pusing dan sakit jika terkena cahaya

U Info Penanya: U, Wanita, 22 Tahun
Pagi dok, saya ingin bertanya, Mata saya minus, dan sering sekali daerah di sekitar mata saya terasa pusing dan semakin sakit saat terkena cahaya(lampu dan hp), apa yang bisa saya lakukan untuk menghilangkan sakit tersebut ya dok? Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang U, 

Berdasarkan keluhan yang Anda alami. Anda mengalami fotofobia yaitu mata terasa silau secara berlebihan saat melihat cahaya. Pasien dengan fotofobia kebanyakan disebabkan oleh adanya masalah pada mata dan sistem saraf mata.  Penyebab fotofobia bisa dikarenakan rabun jauh (mata sulit untuk melihat benda yang jaraknya jauh), rabun dekat (mata sulit untuk melihat benda dengan jarak dekat), presbiopia (penurunan kemampuan lensa mata untul fokus ke objek), astigmatism (mata silinder), katarak, atau gangguan pada retina.

Untuk tatalaksana dirumah, Anda bisa memakai kacamata hitam saat berada diluar ruangan, hindari menatap langsung cahaya yang terang, istirahatkan mata dan jangan terlalu lama depan komputer atau gadget. Kemudian untuk mengatasi pusingnya bisa dibantu dengan paracetamol 500mg diminum sehari tiga kali. Tatalaksana lebih lanjut untuk kondisi ini segera konsulkan ke dokter agar mencaritahu penyebab. Dan diatasi penyebabnya maka keluhan akan membaik. 

Semoga bermanfaat.

Salam Sehat,

Dr. Sylvi

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Presbiopi atau rabun tua disebabkan oleh pengerasan lensa mata karena faktor usia

Apa Itu Presbiopi? Pahami Penyebab dan Cara Mengatasinya

Presbiopi atau rabun tua adalah penyakit mata yang ditandai dengan kesulitan membaca pada jarak pandang normal dan perlu menjauhkan bacaan. Penyebab utama rabun tua adalah pengerasan lensa mata karena faktor usia. Implan lensa menjadi salah satu cara untuk mengatasi presbiopi.