Dada terasa sesak apa berbahaya?

JI Info Penanya: JI, Wanita, 17 Tahun
Dok saya mau bertanya sudah hampir setahun ini dada saya sering sakit rasanya sesak dan kepala pusing dan sering mual dan juga bagian leher, punngung dan lengan rasanya sakit...saat melalukan aktivitas seperti menyuci baju dan lain-lain hanya bisa bertahan beberapa menit saja karena dada langsung sakit dan saya tidak bisa berdiri...kepala juga terasa sangat sakit...apakah itu berbahaya dok?dan saya juga belum pernah konsultasi dengan dokter. tolong responnya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang JI,

Sesak napas adalah salah satu gejala penyakit yang perlu diwaspadai, namun tidak perlu panik. Karena semakin panik maka akan semakin muncul berbagai keluhan yang tidak jelas penyebabnya.

Berbagai keluhan yang Anda rasakan bisa disebabkan oleh:

  • GERD. Kondisi di mana asam lambung naik ke tenggorokan akan menyebabkan keluhan dada terasa berat, nyeri, panas, dan terasa mual, perut kembung, ingin bersendawa hingga keluhan nyeri di punggung dan sakit kepala. Hal ini akan diperberat bila Anda dalam kondisi stres.
  • Psikosomatis. Adanya stres berlebihan, kecemasan akan merangsang produksi asam lambung makin banyak dan keluhan akan terasa semakin berat.
  • Sumbatan pembuluh darah jantung atau jantung koroner.

Sementara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi berbagai keluhan tersebut adalah:

  1. Kendalikan pikiran Anda, jangan stres berlebihan.
  2. Pola makan diperbaiki dengan cara makan porsi kecil namun sering misal setiap 4 jam sekali. Hindari makanan pedas, santan, asam, soda, dan kopi.
  3. Minum antacida untuk mengurangi mualnya.
  4. Minum paracetamol untuk meredakan sakit kepalanya.

Sebaiknya bila keluhan sudah berlangsung hampir 1 tahun, maka sudah waktunya Anda melakukan pemeriksaan ke dokter terdekat untuk penanganan lebih lanjut.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cara mengatasi ketakutan bisa dilakukan sendiri atau dengan bantuan profesional.

Ketakutan Berlebihan? Tenangkan Diri dan Ketahui Cara Mengatasinya

Cara mengatasi ketakutan bisa dengan menenangkan diri, mengidentifikasi penyebabnya, mengganti pola pikir, selalu bersyukur, dan berbicara dengan orang sekitar.