TANYA DOKTER

Dada terasa sakit saat bernapas... Apa ada hubungannya dengan penyakit jantung?

Team SehatQ

Dijawab oleh: dr. Putra Anugrah

Selamat Siang, FN

Sebelumnya terima kasih karena telah mempercayakan tim dokter SehatQ untuk menjawab seputar keluhan kesehatan anda.

Penyakit jantung koroner (PJK) merupakan keadaan dimana pembuluh darah koroner jantung tersumbat sebagian atau seluruhnya oleh plak, lemak kolesterol, dan/atau darah yang membeku (Trombus), sehingga oksigen yang dibawa oleh aliran darah menuju jantung menjadi terhambat. Kondisi tersebut sangat mengganggu kerja jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh dan secara klinis dapat menyebabkan munculnya gejala nyeri dada yang disebut Angina Pectoris. Ciri-ciri dari angina pectoris antara lain :

  • Nyeri dada seperti ditekan oleh benda yang sangat berat, seringkali menjalar ke lengan kiri, telapak tangan kiri, ulu hati, leher, rahang bawah, bahkan hingga ke punggung
  • Nyeri dada bersifat bias, tidak dapat ditunjuk secara spesifik lokasi pastinya oleh penderita
  • Nyeri dada tidak dipengaruhi oleh tarikan napas
  • Jantung berdebar-debar
  • Keringat dingin
  • Mual muntah

Berdasarkan keluhan yang anda ceritakan diatas, hal tersebut masih harus dipastikan kembali apakah nyeri dada tersebut bersumber dari gangguan di jantung atau terdapat gangguan pada organ lain. Karena beberapa penyakit seperti GERD (Gastro Esophageal Reflux Disease), atau Pleuritis (Peradangan pada selaput paru-paru) mempunyai gejala yang mirip dengan penyakit jantung koroner.

Segera konsultasikan kondisi anda ke dokter spesialis penyakit dalam atau dokter spesialis jantung dan pembuluh darah untuk dapat melakukan pemeriksaan fisik dan/atau pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan EKG (Rekam jantung), Treadmil Test, dan lain-lain untuk memastikan diagnosis penyakit anda.

Salam Sehat,

 

dr. Putra Anugrah

1 Komentar

Diskusi Pengalaman Anda

FN
FN 15 Agt 2019, 18:56
Ouh... Sebenarnya dulu saya mengidap Tuberculosis paru. Saya pun awalnya merasa bahwa gejala yang saya alami ini mungkin pengaruh dari paru paru. Tapi setelah beberapa lama,gejala yang saya rasakan berbeda dengan gejala paru paru... Terima kasih dok
Kirim
Back to Top