Dada terasa sakit dan nyeri, napas tidak teratur

RG Info Penanya: RG
Dok, kalau saya terlalu capek bekerja dada saya tiba tiba sakiit dan nyerii, dan kadang nafas enggak teratur, nafas terasa kayak sepertii orang ngos ngosan, itu kira kira penyebabnya apa dok??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore RG,

Keluhan dada sakit dan napas tidak teratur dapat timbul karena beberapa penyebab seperti diantaranya adalah:

  • Otot yang menegang
  • Penyakit asam lambung 
  • Asma 
  • Gangguan jantung
  • Gangguan saluran pernapasan
  • Trauma atau cedera di area dada
  • Kondisi psikis seperti cemas, depresi

Jenis pekerjaan dan pola hidup sehari-hari juga berpengaruh terhadap timbulnya gejala sesak seperti postur tubuh saat bekerja, pekerjaan yang banyak melibatkan aktivitas fisik berat, sering melewatkan waktu makan, kurang istirahat, kelelahan, kebiasaan merokok dan lainnya. Untuk itu perhatikan kondisi apa yang memicu timbulnya gejala dan hindari. Penangan sendiri perlu menyesuaikan dengan pencetusnya. Upayakan untuk tidak melewatkan waktu makan, cukup beristirahat, hindari makanan yang mengiritasi lambung, hindari kebiasaan merokok, dan juga jangan terlalu memforsir saat bekerja sampai melupakan makan dan istirahat.

Perhatikan gejala apa yang menyertai seperti adanya mual, nyeri tenggorokan, napas berbunyi, batuk ataupun gejala lain agar membantu dokter untuk menentukan penyebabnya dan memberikan pengobatan dan saran untuk mencegahnya berulang. Semoga bermanfaat.

Salama sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Naiknya asam lambung saat maag dapat membuat saluran udara menyempit sehingga menimbulkan asma

Menelisik Hubungan Sakit Maag dengan Asma

Beberapa teori menunjukkan bahwa maag dan asma (GERD) memiliki hubungan. Salah satu teorinya menyebutkan naiknya asam lambung saat maag dapat membuat saluran udara menyempit sehingga menimbulkan asma.