Dada terasa panas dan nyeri, kadang sampai dengan sesak. Kenapa penyebabnya?

VN Info Penanya: VN, Wanita
Dok kok dada saya panas seperti nyeri knp ya dokkk .... Kadang sesak buat nafas ...knp yaaa
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, VNR

Terima kasih atas pertanyaannya.

Kondisi yang Anda alami yaitu perasaan nyeri terbakar pada dada disebut juga heartburn. Selain di dada bisa dirasakan juga di kerongkongan. Terjadi karena asam lambung yang kembali naik melalui kerongkongan. Jika Anda sering mengalami gejala seperti ini, misalnya dua kali dalam seminggu maka ada kemungkinan Anda mengalami GERD (Gastro-Esophageal Reflux Disease) namun bisa juga timbul gejala lain tanpa ada heartburn.

Selain GERD bisa juga akibat kehamilan, makanan tertentu, alkohol dan beberapa obat-obatan dengan efek samping heartburn. Bila tidak diobati semakin lama asam lambung dapat merusak dinding dari kerongkongan. Untuk pencegahannya Anda perlu memilih makanan dengan tepat agar tidak kambuh. Anda bisa menggunakan obat lambung yang dijual bebas untuk mengurangi gejala. Bila keluhan tidak berkurang maka Anda memerlukan pemeriksaan lebih lanjut dengan Dokter Spesialis Penyakit Dalam.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

BPOM belum lama ini mengeluarkan perintah penarikan obat ranitidine, karena mengandung NDMA pemicu kanker

Berita: BPOM Tarik Obat Tukak Lambung Ranitidine Karena Mengandung Senyawa Penyebab Kanker

BPOM baru-baru ini menerbitkan perintah penarikan serta penarikan sukarela, terhadap obat ranitidine. Ranitidine adalah obat populer yang digunakan untuk penanganan tukak lambung. Penarikan ini didasarkan pada hasil uji ranitidine, yang membuktikan adanya kandungan senyawa cemaran NDMA pemicu kanker.