Batuk dan dada terasa berat untuk bernapas

BG Info Penanya: BG, Wanita
sore dok, saya mau bertanya.. saya kalau sudah batuk biasanya lama sekali untuk sembuuh, dan skrg saya sedang batuk lalu napas saya sedikit sesak, dan semalam saya tidur seperti sesak napas/ napas berat. itu kenapa ya dok? dan saya kalo bernapas tidak lega seperti biasanya. mohon pencerahan nya. ?? terima kasih dok.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, BGSP.

Batuk merupakan respon alami tubuh ketika ada benda yang dianggap asing di saluran pernapasan dan tenggorokan. Kendati demikian, batuk dapat menjadi hal yang tidak normal apabila dipicu oleh infeksi penyakit tertentu. Kondisi tersebut dapat memberikan gejala penyerta seperti produksi dahak yang berlebih (batuk berdahak) serta dahak yang berubah warna dan konsistensinya, demam ringan hingga tinggi, ataupun sesak.

Sesak napas sendiri berarti keadaan saat tubuh khususnya organ paru-paru, mengalami kekurangan suplai udara kaya oksigen yang kemudian menimbulkan sensasi tidak nyaman.

Gejala dari sesak napas dapat meliputi : 

  • napas pendek
  • napas cepat
  • napas dangkal
  • nyeri saat bernapas
  • sensasi tidak nyaman saat bernapas

Terkait dengan keluhan sesak napas pada Anda, mungkin berkaitan dengan kondisi batuk yang sedang dialami. Batuk yang berdahak dapat memicu sesak napas dikarenakan sumbatan jalan napas oleh produksi dahak yang berlebih. Riwayat batuk lama pada Anda perlu terlebih dahulu diperiksa lebih lanjut untuk memastikan penyebab yang jelas. Infeksi tertentu membutuhkan penanganan yang lebih intensif untuk dapat sembuh dengan sempurna.

Jika keluhan sesak yang dialami benar berhubungan dengan kondisi batuk Anda, maka penanganan yang diperlukan adalah mengobati kondisi batuk Anda.

Berikut saya lampirkan artikel mengenai penangan batuk yang tak kunjung sembuh sebagai informasi tambahan untuk Anda. Jika setelah mencoba tips tersebut keluhan batuk dan sesak tidak kunjung membaik, segeralah memeriksakan diri ke dokter Spesialis Paru.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Batuk alergi dapat disebabkan oleh iritan atau zat-zat tertentu di udara

Apa Perbedaan Batuk Alergi dan Batuk Flu? Ini Penjelasannya

Terdapat perbedaan batuk alergi dengan batuk flu, terutama dalam hal penyebab dan durasi berlangsungnya. Kenali perbedaan selengkapnya dalam artikel ini.