Apa itu penyakit ASD (Atrial septal defect) ?

AS Info Penanya: AS
Dok saya ingin bertanya, mengapa saat bangun tidur atau tidak melakukan aktivitas apapun dada saya kadang terada berat? Apa ini efek dari penyakit ASD yang saya derita? Terimakasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi AS,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Atrial septal defect atau ASD merupakan suatu kebocoran bilik jantung. Kondisi ini merupakan penyakit jantung bawaan. Dinamakan kebocoran bilik jantung, karena pada ASD, dinding yang seharusnya membatasi atrium kiri dan atrium kanan, tidak menutup sempurna atau terdapat lubang.

ASD tidak selalu menimbulkan gejala dan bahkan dapat menutup sendirinya apabila lubang di jantung berukuran kecil. Namun, apabila lubang yang ada berukuran cukup besar, maka risiko terjadinya kerusakan jantung serta paru-paru pun dapat meningkat. 

Gejala ASD yang dapat muncul :

  • Sesak napas pada saat beraktivitas
  • Mudah lelah dan lemas
  • Pembengkakan kaki dan perut
  • Jantung terasa berdebar

Untuk menjaga ASD agar tidak kambuh :

  • Diet sehat untuk jantung dengan mengnsumsi buah-buahan, sayuran dan biji-bijian, dan makanan rendah lemak jenuh, kolesterol dan sodium.
  • Olahraga ringan sebaiknya konsultasikan ke dokter jantung olahraga apa yang cocok dengan kondisi Anda
  • Kontrol teratur ke dokter jantung

Anda tidak perlu khawatir karena ASD bisa diobati, jika keluhan semakin memburuk seperi kaki dan tangan semakin bengkak dan muncul sesak napas, sebaiknya konsultasikan lebih lanjut ke dokter jantung.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

HDL adalah kolesterol baik yang bisa menyingkirkan kolesterol berlebih berbahaya di darah

HDL si Kolesterol Baik, Bagaimana Cara Meningkatkannya?

HDL adalah kolesterol baik yang berfungsi untuk menyingkirkan kolesterol berlebih di darah. Kadar ideal untuk HDL adalah 60 miligram/desiliter (mg/dL) atau lebih. Bagaimana cara meningkatkannya?