Apakah penyebab rasa tidak nyaman pada dada dan tenggorokan?

AB Info Penanya: AB, Pria, 23 Tahun
Selamat malam dok.. Mau tny dong.. Jika saya merasakan dada terasa berat seperti tertindih, lalu seperti ada yg menyangkut di tenggorokan. Namun, untuk tarik nafas panjang sy bs dan tidak sakit.Itu kenapa ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, AB.

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Rasa tidak nyaman pada dada bisa disebabkan oleh beberapa hal, sperti adanya masalah pada otot-otot sekitar, penyakit pada pencernaan, penyakit paru, penyakit jantung dan lain sebagainya. Pada usia dewasa muda, hal yang paling sering terjadi adalah karena masalah pencernaan, seperti naiknya asam lambung ke kerongkongan yang menyebabkan penyakit gastro esofageal reflux disease atau sering disebut dengan istilah GERD.

Adapun gejala dari penyakit GERD adalah:

  • Heart burn atau sensasi rasa panas terbakar pada dada
  • Nyeri pada dada
  • Kembalinya cairan asam lambung pada kerongkongan
  • Rasa asam pada mulut
  • Rasa tidak nyaman pada tenggorokan, juga dirasakan adanya lendir pada tenggorokan
  • Mual/muntah

Terkait dengan keluhan yang Anda rasakan, tindakan yang bisa Anda lakukan di rumah adalah dengan berusaha tidak menunda jam makan, mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang, hindari makanan yang bersifat pedas/asam/berminyak, hindari makanan dan minuman yang mengandung kafein seperti kopi, cukupi kebutuhan cairan harian, dan lakukan olahraga ringan agar badan tetap bugar. 

Jika keluhan dirasa tidak membaik, segera periksakan diri Anda ke dokter spesialis penyakit dalam agar bisa dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang yang sesuai sehingga mendapatkan tatalaksana dengan tepat.

Semoga bermanfaat,

 

Salam sehat.

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Alpukat tidak bersifat asam menjadi buah untuk asam lambung yang aman dikonsumsi

Terbukti Aman, Ini Daftar Buah untuk Asam Lambung yang Bersahabat

Untuk menghindari asam lambung naik, buah yang aman untuk penderita GERD adalah yang tidak bersifat asam seperti alpukat, apel, berries, melon, persik, dan pisang.