27 Jan 2021, 02:15Pernapasan

Dada sesak, tenggorakan sakit, dan perut sakit, apa penyebabnya?

D
Info Penanya: D0
Selamat malam dok. Dok kemaren kepala saya pusing sekali dan sepertinya agak demam. Kemudian saya minum obat dan istirahat. Lalu keesokannya sembuh. Kemudian sekarang ketika saya ingin tidur tiba tiba tenggorakan saya sakit dan saat bernafas juga agak berat. Saat bernafas tenggorakan saya rasanya dingin. Perut saya juga agak sakit dok. Apakah ini gejala covid dok? Terimakasih.
255 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat siang D,Covid-19 adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus corona yang saat ini tengah menjadi pandemi di seluruh dunia. Penyakit ini berbahaya karena penularannya mudah dan bila terlambat ditangani serta daya tahan tubuhnya jelek maka akan berakibat fatal. Namun bila daya tahan tubuh baik maka penyakit ini bisa sembuh dengan sendirinya sama seperti demam berdarah yang sifatnya self limiting disease. Sayangnya gejala penyakit corona ini tumpang tindih dengan penyakit lainnya sehingga diperlukan pemeriksaan penunjang untuk deteksi dini dan memastikannya.

Perihal keluhan yang Anda alami berupa tenggorokan sakit dan sesak napas maka bisa saja disebabkan oleh:

  • Radang tenggorokan.
  • Asam lambung yang naik disebut dengan GERD. Akan muncul keluhan berupa tenggorokan kering, dada terasa panas, napas berat tidak longgar dan sering bersendawa.
  • Covid-19.

Yang sementara dapat Anda lakukan untuk mengatasi keluhan tenggorokan yang nyeri dan sesak napasnya adalah:

  • Kumur menggunakan air hangat campur sedikit garam.
  • Minum air putih yang banyak sekitar 2 liter per hari. Jumlah ini perlu ditambah bila aktivitas Anda sering di dalam ruangan berAC atau dibawah terik matahari.
  • Hindari makanan pedas dan gorengan.
  • Makan porsi kecil tapi sering.
  • Minum antacida untuk meredakan keluhan lambung Anda.
  • Minum echinacea untuk meningkatkan daya tahan tubuh Anda.
Karena ada riwayat demam maka sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan swab antigen untuk deteksi dini terhadap virus corona. Dan lakukan pemeriksaan ke dokter THT untuk memastikan penyebab nyeri menelan pada tenggorokan Anda.Salam sehat,dr. Vina
radang tenggorokanbatukcoronavirus
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil