Dada sesak setelah makan dan saat banyak beraktivitas, karena apa ?

WW Info Penanya: WW, Wanita, 47 Tahun
dokter .. , sy wanita berusia 48 thn , sdh hampir 3 mnggu dada saya agak sesak dan akhir2 ini setelah makan sesaknya terasa sekali , tetapi jika perut sedang kosong dada saya tdk sesak , kadang bernapas sprti bunyi " ngik " apalagi klo sehabis jalan jauh atau beraktifitas seperti bebenah rmh , dan di bagian belakang tulang belikat pernah nyeri tp sbntr , itu kenapa ya Dok .. ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, WW.

Dada sesak dapat terjadi karena berbagai faktor yang berhubungan dengan organ dalam rongga dada, penyusun rongga dada seperti otot dan tulang rusuk, serta gangguan organ lainnya yang berhubungan seperti organ pencernaan. Adapun keluhan dada sesak yang berhubungan dengan gangguan psikologis.

Beberapa faktor penyebab dada sesak, diantaranya adalah :

  • gangguan dan penyakit pada jantung seperti angina, kondisi otot jantung yang kekurangan suplai oksigen dalam darah
  • gangguan dan penyakit pada paru-paru seperti asma, pneumothoraks (kondisi ketika bagian paru-paru tertentu kolaps), emboli paru (kondisi saat adanya penyumbatan pada arteri di paru-paru)
  • GERD, penyakit refluks asam lambung, yang juga ditandai dengan gejala lain seperti nyeri dada, sensasi terbakar di dada dan kesulitan menelan karena terasa benjolan ditenggorokan, 
  • ketegangan otot, yang bisa disertai gejala nyeri serta kesulitan untuk bernapas
  • kecemasan, depresi, dan gangguan psikologis lainnya yang menimbulkan gejala fisik 

Mengenai keluhan Anda, jika dada sesak dirasakan terutama setelah makan, umumnya gangguan yang terjadi berhubungan dengan saluran pencernaan. Seperti yang telah dipaparkan diatas, gejala tersebut merupakan salah satu gejala yang khas pada penyakit GERD. Akan tetapi perlu pemeriksaan lebih lanjut untuk memastikannya. Serta mengenai sesak yang juga dirasakan saat banyak beraktivitas, bisa jadi berhubungan atuapun terjadi karena penyebab lainnya seperti asma, terutama jika disertai bunyi mengi.

Pada keadaan Anda, ada baiknya untuk diperiksakan ke dokter Spesialis Penyakit Dalam secara langsung, agar diagnosis dan penyebabnya dapat diketahui dengan jelas dan diberikan penanganan yang tepat.

Untuk sementara Anda dapat membantu mengurangi gejala dengan mengonsumsi obat golongan antasida setiap 30 menit sebelum makan besar dan menghindari berbaring setelah makan setidaknya 2 jam. Anda pun sebaiknya mengurangi aktivitas berlebih terebih dahulu untuk menghindari kekambuhan keluhan dada sesak pada Anda.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ. Salam sehat, dr. Rahmita Dewi

 

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sendawa terlalu sering sinyal gangguan pencernaan

Kenapa Sering Sendawa? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Sendawa adalah hal manusiawi yang terjadi pada siapa saja. Anda bisa saja bersendawa setelah makan atau meminum minuman bersoda. Namun, apa jadinya jika Anda sering bersendawa? Penyebab sering bersendawa beraneka ragam, mulai dari GERD sampai sindrom Meganblase.