Dada sesak selama dua minggu lebih, bagaimana cara menghilangkannya ?

SU Info Penanya: SU, Wanita, 21 Tahun
Pagi dok, saya mau bertanya.. Sudah dua minggu berturut2 saya mengalami sesak di dada. Apalagi kalo dibuat bersih2 rumah timbul nyeri bahkan nyeri sampai ke punggung. Dan pagi ini saya merasa napas saya lebih berat dari sebelumnya. Tapi saya tidak demam, ataupun nyeri tenggorokan. Cuman sesak nafas dan batuk kering. Gimana ya dok:( dan bagaimana cara menghilangkan sesak napas ini dok? terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, A.

Dada sesak merupakan keluhan yang dapat disebabkan oleh berbagai faktor yang berhubungan dengan fisik maupun mental. Kendati sering kali diidentikan dengan gangguan pada jantung, terdapat berbagai kondisi medis lainnya yang daoat menimbulkan keluhan dada sesak.

Beberapa kondisi medis tersebut, diantaranya adalah :

  • refluks asam lambung atau GERD
  • kecemasan
  • ketegangan pada otot dada
  • angina atau keadaan saat otot jantung kekurangan suplai darah kaya oksigen
  • gangguan pada paru-paru, seperti kolaps paru, penyumbatan pada pembuluh arteri paru, infeksi paru pneumonia

Mengenai keluhan dada sesak yang sudah Anda alami selam dua minggu dan disertai batuk kering dan memberat saat beraktivitas mungkin terjadi karena gangguan pada saluran pernapasan dan organ paru, refluks asam lambung, hingga jantung. Untuk memastikannya diperlukan pemeriksaan lebih lanjut seperti foto rontgen.

Untuk semantara Anda dapat beristirahat lebih banyak, mengonsumsi air rebusan jahe dan menghirup minyak esensial peppermint untuk membantu mengatasi keluhan dada sesak pada Anda. Anda juga dapat mengonsumsi obat yang dijual bebas di apotek untuk keluhan batuk kering Anda.

Jika tidak kunjung membaik dalam hitungan beberapa hari kedepan ada baiknya untuk segera diperiksakan pada dokter Spesialis Penyakit Dalam.

Salam sehat, 

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bila laringomalasia masih terusu terjadi meski usia bayi bertambah, sebaiknya periksakan anak Anda ke dokter

Napas Bayi Selalu Berisik? Mungkin Gejala Laringomalasia

Sebagian besar kasus laringomalasia bisa sembuh dengan sendirinya tanpa perlu obat atau operasi. Kondisi ini sering dialami bayi baru lahir di minggu pertama kelahirannya.