Kenapa dada saya terasa sesak?

ST Info Penanya: ST, Pria, 43 Tahun
Dada saya nyesek,kenapa ya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore ST,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Dada terasa sesak dapat disebabkan oleh beberapa penyebab diantaranya :

  1. Kecemasan
    Cemas merupakan gangguan kesehatan mental yang dapat menyebabkan Anda merasa gelisah, tegang, dan khawatir. Selain dada terasa sesak, Anda dapat merasakan sesk napas, berkeringat gemetar.
  2. Depresi
    Peningkatan stress saat mengalami depresi akan membuat dada Anda sesak. Gejala dari depresi adalah putus asa, merasa bersalah, hilang minat.
  3. GERD
    Penyakit akibat asam lambung bergerak kembali dari lambung ke tenggorokan. Gejala khas yang ada adalah rasa panas di dada.
  4. Ketengangan otot
    Terjadi karena Anda meregangkan dan menarik otot, sehingga menekan tulang rusuk.
  5. Angina
    Terjadi saat otot jantung tidak mendapat cukup darah, sehingga menyebabkan dada sesak. Ini merupakan tanda dari penyakit arteri koroner.
  6. Pneumonia
    Infeksi paru terjadi akibat peradangan pada kantong udara di salah satu atau kedua paru-paru yang di penuhi cairan atau nanah.

Saat sesak napas menyerang sebaiknya Anda jangan panik, tetap mengatur napas, cari udara yang segar atau longgar, namun jika sesak napas tak kunjung membaik sebaiknya konsultasikan lebih lanjut ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu bagian tubuh yang termasuk titik ketuk dalam terapi EFT adalah sisi luar tangan

Usir Stres dengan Emotional Freedom Technique atau Terapi EFT

Terapi EFT atau emotional freedom technique adalah metode alternatif yang digunakan untuk mengatasi nyeri fisik dan tekanan emosional. Dengan menekan titik-titik tertentu pada tubuh, terapi ini diyakini mampu mengusir emosi negatif. Seperti apakah terapi yang juga disebut ETP tapping ini?