Dada sesak, perut panas, sulit BAB

OB Info Penanya: OB, Pria
udah satu minggu kenapa ya dada agak sesak perut panas susah bab
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi OBE,

Keluhan dada sesak, perut panas bisa disebabkan beberapa hal seperti :

  1. Asam lambung yang meningkat. Kadar asam lambung yang meningkat dan naik ke tenggorokan akan menimbulkan rasa panas di dada serta perut hingga kesulitan bernapas.
  2. Jantung koroner. Adanya sumbatan di pembuluh darah jantung akan menimbulkan keluhan tidak nyaman di dada berupa nyeri dada dari ringan hingga berat tergantung seberapa besar sumbatan yang ada di pembuluh darah jantung. Keluhan ini sering disertai dengan nyeri dada yang menjalar ke rahang dan bahu, keringat dingin, sesak napas, mual dan muntah.
  3. Infeksi di paru-paru. Adanya infeksi di paru-paru yang tidak mendapat penanganan dengan baik akan menimbulkan kerusakan paru-paru lebih berat hingga sesak napas

Sulitnya buang air besar bisa disebabkan asupan serat yang kurang, minum air putih kurang dari 2 liter per hari, adanya gangguan di usus seperti tumor yang disertai dengan keluhan buang air besar bercampur darah, penurunan berat badan, hilang napsu makan.

Hal yang dapat dilakukan dirumah untuk mencegah keluhan tersebut kambuh adalah melakukan pola hidup sehat seperti makan secara teratur, perbanyak konsumsi sayur dan buah, kurangi makanan berlemak, minum air putih 2 liter per hari, rutin berolahraga, dan segera berobat bila ada keluhan batuk atau masalah paru lainnya.

Bila dada sesak terasa semakin memberat seperti ditindih beban berat, keringat dingin, atau kotoran saat buang air besar berwarna hitam, lemas, maka segera periksakan diri ke Rumah Sakit terdekat untuk penanganan lebih lanjut.

Salam sehat, 

dr. Vina

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Makan berlebihan saat buka puasa bisa menghadirkan masalah bagi tubuh Anda.

Ini yang Terjadi Ketika Anda Makan Berlebihan Saat Buka Puasa

Saat berbuka puasa bukan momen balas dendam. Makan berlebihan saat buka puasa bisa menghadirkan masalah bagi tubuh Anda.