Dada Sesak dan Tangan Kaki Keringat Dingin, Apa Penyebabnya?

FS Info Penanya: FS, Wanita, 42 Tahun
saya kemarin merasa sesak dan dada seperti ditekan tangan dan kaki berkeringat dingin dan badan panas.apakah itu normal? saya merasakan hal tsb dua kali dan sampai susah tidur
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang FS,

Sesak adalah gejala yang bisa mengganggu pernapasan baik disebabkan oleh gangguan di saluran napas ataupun bisa dipicu kondisi lain seperti gangguan pencernaan misalnya maag dan asam lambung, gangguan jantung, ataupun karena gangguan organ lain disekitar dada.

Jika badan panas, baiknya bisa dilakukan pemeriksaan suhu tubuh, apabila lebih dari 37,5 derajat celcius maka termasuk demam. Untuk meredakannya perlu dilakukan beberapa hal seperti:

  • Perbanyak minum air putih
  • Jaga asupan makan
  • Perhatikan kebiasaan harian seperti misalnya pola istirahat
  • Bisa konsumsi parasetamol jika demam

Jika ada masalah nyeri perut atau ulu hati dan timbul keringat dingin perlu diperhatikan juga asupan makan apakah ada yang mengiritasi lambung tidak. Jika ada gejala pencernaan juga bisa konsumsi antasida sebelum makan.

Jika timbul nyeri dada berat, terasa seperti ditindih beban, keluar keringat dingin di tangan dan kaki, sulit bernapas, sesak berat maka perlu diperiksakan segera karena bisa merupakan kegawatan. Nantinya perlu dilakukan pemeriksaan baik pemeriksaan fisik, pemeriksaan tambahan seperti rekam jantung, foto rontgen ataupun pemeriksaan lain yang diperlukan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sesak napas mendadak dapat terjadi karena beberapa penyebab

Ketahui, 7 Hal Ini Ternyata Jadi Penyebab Sesak Napas secara Tiba-tiba!

Sesak napas atau dispnea dapat terjadi ketika paru-paru tidak mendapat udara yang cukup. Terkadang sesak napas datang secara mendadak. Penyebabnya adalah asma, emboli paru, pneumonia, hingga gagal jantung.