Dada sesak dan berbunyi "keretak", apakah itu?

BW Info Penanya: BW, Wanita, 26 Tahun
Halo dokter, mau tanya, setiap bangun pagi dada saya nyeri dan sesak. Waktu ubah posisi tidur setelah menyadari hal ini, pasti bertambah nyeri dan diikuti bunyi seperti "keretak" begitu. Saya berpikir apa mungkin pengaruh baru2 ini saya mulai tidur dengan AC? Karena sebelumnya saya selalu menggunakan kipas angin.Mohon bantuannya ya dok, terima kasih..
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, B.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Rasa nyeri dan sesak di dada memang merupakan hal yang tidak nyaman. Penyebabnya bermacam-macam. Bisa karena gangguan pada saraf dan otot pernapasan, posisi tidur, dan kondisi medis seperti gangguan paru-paru atau jantung. 

Gejala nyeri dada dan sesak yang Anda alami kemungkinan penyebabnya karena gangguan pada otot dan saraf di dada Anda akibat penggunaan AC. AC memberikan rasa dingin dan sejuk. Hal inilah yang membuat tubuh Anda perlu beradaptasi sehingga timbul gejala sesak dan nyeri dada. 

Bunyi "keretek" itu berasal dari tulang-tulang yang ada di dada. Timbul akibat garakan tidur yang berubah tanpa Anda sadari. Itu merupakan hal yang normal. Bukan tanda terjadinya patah tulang. Jadi, tidak perlu dikhawatirkan.

Mungkin untuk sementara, suhu AC Anda dinaikkan agar tidak terlalu dingin. Sehingga tubuh Anda bisa menyesuaikannya dulu.

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh BW
12 Apr 2020, 16:43
Wah baiklah, terima kasih dokter. Selain, itu masa adaptasi yg normal biasanya berapa lama ya? Apakah jika sudah melewati beberapa waktu tertentu tapi kondisi tidak membaik, maka saya perlu mempertimbangkan utk ke dokter/ct scan?Terima kasih dokter.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
13 Apr 2020, 00:10
Selamat pagi BW,
Masa adaptasi yang diperlukan tubuh bisa berbeda-beda tiap orangnya, ada yang membutuhkan waktu 3 hari atau lebih. Selain mengatur suhu AC agar jangan terlalu dingin, Anda juga perlu berolahraga agar otot tidak mudah kram, dan mengompres air hangat pada bagian yang tidak nyaman.
Salam sehat,
dr. Vina
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sesak napas mendadak dapat terjadi karena beberapa penyebab

Ketahui, 7 Hal Ini Ternyata Jadi Penyebab Sesak Napas secara Tiba-tiba!

Sesak napas atau dispnea dapat terjadi ketika paru-paru tidak mendapat udara yang cukup. Terkadang sesak napas datang secara mendadak. Penyebabnya adalah asma, emboli paru, pneumonia, hingga gagal jantung.