Dada seperti tertekan dan gatal tenggorokan, apa penyebabnya?

TW Info Penanya: TW, Wanita, 21 Tahun
Halo dok, saya berusia 21thn dan kebetulan 2 minggu kebelakang saya selalu tidur diatas jam 3pagi. Kemudian di minggu ke2 setelah makan saya merasa dada saya atau mungkin ulu hati ya(karena terasanya dibagian tengah dada) seperti tertekan dan saya selalu ingin sendawa namun sukit dilakukan. Disusul dengan lendir yang ada di hidung dan tenggorokan saya dengan perasaan gatel ditenggorokan yg terkadang memicu untuk batuk. Dan saya juga tidak bisa bab selama 4 hari ini.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang TW,

Nyeri ulu hati adalah gejala yang bisa dirasakan salah satunya karena gangguan pencernaan seperti penyakit maag, penyakit asam lambung, gangguan pernapasan, gangguan jantung ataupun gangguan pada organ lain yang letaknya disekitar ulu hati seperti hati dan pankreas.

Keluhan ini sering kali timbul karena kebiasaan sehari-hari seperti pola makan yang tidak baik, konsumsi makanan yang mengiritasi lambung, kurang istirahat, stres, dan lainnya.

Nyeri ulu hati juga bisa memicu rasa tidak nyaman ditenggorokan, batuk dan sesak.

Untuk mengatasi keluhan yang dirasakan dapat dilakukan beberapa cara seperti:

  • Perbaiki pola makan
  • Makan sedikit tapi sering dengan porsi kecil
  • Perbanyak asupan buah dan sayur
  • Hindari makanan dan minuman pemicu asam lambung seperti makanan pedas, asam, bersantan, atau minuman berkafein seperti kopi, teh dan soda
  • Konsumsi antasida sebelum makan
  • Kelola stres dengan baik

Jika sulit buang air besar bisa juga dibantu dengan mengonsumsi obat pencahar untuk sementara, tapi tetap perlu perbaiki dan perbanyak asupan serat dan cairan. Karena jika dibiarkan bisa memicu gangguan pencernaan dan juga risiko terjadinya wasir.

Jika dalam 2 minggu tidak ada perbaikan periksakan diri pada dokter. Jaga kebersihan diri dengan lebih sering mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, hindari menyentuh mata , mulut dan hidung jika belum cuci tangan dan lakukan social distancing. semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Alpukat tidak bersifat asam menjadi buah untuk asam lambung yang aman dikonsumsi

Terbukti Aman, Ini Daftar Buah untuk Asam Lambung yang Bersahabat

Untuk menghindari asam lambung naik, buah yang aman untuk penderita GERD adalah yang tidak bersifat asam seperti alpukat, apel, berries, melon, persik, dan pisang.