31 May 2021, 22:02Pernapasan

Nafas terasa sesak saat tidur, GERD atau serangan jantung ?

IC
Info Penanya: IC0
malam, saya perempuan 19th. ingin menanyakan, saya punya penyakit lambung(GERD) setiap malam (namun tidak selalu) dada kiri saya terasa penuh dan napas agak2 pendek(seperti ngos2an, namun tidak parah) dan juga nembus ke punggung belakang (nyeri). namun rasa di dada tidak nyeri, nyeri hanya di pungguh saja. Saya ke dokter katanya bukan jantung, kira2 kenapa ya? apakah berhubungan dgn gerd saya? terimakasih
346 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat malam, IC.Saat dada terasa sesak terutama sesak yang memberat maka timbul rasa cemas akan suatu penyakit serius seperti serangan jantung. Sesak dapat disebabkan oleh kurangnya oksigen ke paru atau jantung, namun dapat pula disebabkan oleh "perasaan sesak" karena asam lambung yang meningkat.

Apa yang menyebabkan dada terasa penuh dan nafas sesak ?

Keluhan dada terasa penuh dan nafas sesak seperti ngos-ngosan hingga ke punggung yang Anda alami dimana tanpa ada rasa nyeri di dada dapat disebabkan oleh beberapa faktor antara lain :
  • Suplai oksigen berkurang ke jantung saat ada sumbatan berupa plak, emboli udara, kolesterol, pembuluh darah yang kaku dan menyempit. Serangan jantung dapat diikuti dengan kesulitan bernafas, rasa tercekik, keringat bercucuran, nyeri dada hingga ke leher dan lengan kiri.
  • Asam lambung yang meningkat pada penderita GERD dimana asam lambung menimbulkan sensasi terbakar pada dada, rasa pahit dan asam di mulut, nyeri hingga ke punggung. 
  • Serangan asma yang dipicu oleh udara, debu, kelelahan dan stress.

Bagaimana cara mengatasi dada penuh dan sesak ?

Cara mengatasi dada penuh dan sesak antara lain :
  • Usahakan tetap tenang, tarik nafas perlahan.
  • Panggil bantuan saat sesak diikuti nyeri dada.
  • Jalani hdiup sehat denagn berolahraga.
  • Kurangi makanan dan minuman pemicu asam lambung.
Jika keluhan semakin berat, diikuti nyeri ulu hati, mual dan muntah hebat, segera konsultasi ke dokter penyakit dalam agar dilakukan pemeriksaan mendalam.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari. 
gerdserangan jantungsesak napas
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil