Dada sebelah kiri terasa sakit saat beraktivitas terutama untuk mengangkat berat dan pull up menjadi kesulitan.

IC Info Penanya: IC, Wanita, 19 Tahun
dok ,dada sebelah kiri saya sering terasa sakit dan berat .saat beraktifitas hingga lelah sering seperti ada skip sejenak dok . untuk mengangkat benda berat dan melakukan pull up menjadi sedikit kesulitan karena rasanya sakit dok .
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, IC

Terima kasih atas pertanyaannya.

Apakah anda baru saja memulai olahraga di gym? Mengangkat beban dan pull up memberi beban yang kurang lebih sama antara otot kanan dan kiri tubuh. Sedangkan kekuatan bagian tubuh sebelah kiri tidak sekuat tubuh sebelah kanan (kecuali pada orang kidal) sehingga memerlukan waktu pemulihan yang lebih lama karena belum terbiasa. Bila anda memang suka olahraga jangan lupa perenggangan setelahnya. 

Anda juga bisa mengoles obat salep anti nyeri yang dijual bebas atau anda juga bisa menggunakan kompres dengan es bergantian dengan air hangat. Untuk mengurangi nyeri dan pegal. Lama kelamaan otot anda akan terbiasa terhadap beban olahraga anda. Semoga penjelasannya bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pegal linu atau nyeri otot bisa disebabkan karena terlalu banyak beraktivitas fisik

Pegal Linu Tak Sembuh-Sembuh Bisa Jadi Gejala Penyakit Serius

Pegal linu adalah nyeri otot yang disebabkan karena terlalu banyak beraktivitas fisik, kurang kalsium atau vitamin D, stres, hingga adanya penyakit di dalam tubuh.