Nafas lumayan sesak dan dada sakit saat ketawa

BC Info Penanya: BC
Dok saya mau bertanya. Sudah beberapa hari ini nafasku agak sesak. Trs pas ketawa dadaku terasa sakit. Itu kira2 kenapa ya dokk. Mohon bantuannya ya dok dgn dokter menjawab pertanyaan ini. Karna saya khawatir sekali:')
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, BC

Sesak napas dan nyeri dada umumnya merupakan gejala yang terjadi akibat gangguan pada organ di sekitar dada dan struktur pembentuk rongga dada. Organ tersebut dapat berupa paru-paru sebagai organ sistem pernapasan, dan jantung sebagai organ sistem sirkulasi darah yang kaya akan oksigen. Sedangkan struktur pembentuk rongga dada meliputi otot, tulang rusuk dan tulang rawan disekitarnya. Namun demikian, masih terdapat beberapa kondisi medis lainnya seperti infeksi saluran napas atas, gangguan pencernaan dan lain-lainnya.

Terkait dengan keluhan Anda, sesak napas dan nyeri dada yang dialami jika terjadi pada posisi tubuh atau gerakan tertentu, dapat disebabkan oleh gangguan pada struktur rongga dada yang telah dipaparkan diatas, mungkin gangguannya terjadi pada otot, tulang rawan atau tulang rusuknya. Terutama jika ada riwayat trauma atau benturan yang mengakibatkan cedera. Selain itu, dapat juga disebakan oleh infeksi pada paru-paru yang mungkin dapat menyebabkan menumpuknya cairan pada selaput pembungkusnya. Sehingga saat tertawa, dimana terjadinya kontraksi pada seluruh rongga dada dan isinya, bagian yang mengalami gangguan tersebut menimbulkan sensasi nyeri dan sesak.

Untuk sementara, jika keluhan dirasakan relatif ringan, Anda dapat mencoba menangani keluhan sesak dan nyeri dada tersebut dengan mengompres bagian dada yang nyeri dengan kompres hangat, mengonsumsi air rebusan jahe hangat dan mencoba beberapa tips pereda sesak alami yang saya lampirkan pada artikel berikut ini.

Jika keluhan sesak memberat, segeralah mencari pertolongan medis darurat.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tanaman dalam ruangan bisa memperindah rumah sekaligus menyehatkan

Jarang Disadari, Tanaman dalam Ruangan Bermanfaat Bagi Kesehatan

Kabar baik bagi Anda para pecinta tanaman! Tidak hanya menyejukkan dan indah dipandang, memelihara tanaman dalam ruangan ternyata memiliki sederet manfaat untuk kesehatan. Lantas, tanaman apa saja yang dipercaya bagus untuk kesehatan?