19 Mar 2021, 21:13Penyakit Lainnya

Dada sakit setelah menggendong anak

NL
Info Penanya: NL0
Malam dok . Saya mau tanya. Td saya gendong anak yg berat badanya 13kg dan berjalan jauh. Sy gendong di dada depan saya. Sampe dirumah dada kanan saya sakit. Apa lg pas membuang nafas . Jika ditekan pun ikut sakit dok. Dada tengah bgian bawah juga dok. Karna saya panik sekali dok . Takut knp2 .seperti kena serang panik.. trimksih
244 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat pagi NL,Nyeri dada adalah keluhan yang memiliki banyak kemungkinan penyebab, mulai dari masalah otot dada, masalah saluran pernapasan, masalah tulang, sampai masalah pada organ-organ lain di dalam rongga perut dan dada seperti jantung, liver, empedu, lambung dan lainnya.

Cara meredakan nyeri dada

Apabila pencetusnya adalah menggendong anak yang beratnya mencapai 13kg maka kemungkinan terbesar adalah masalah otot yang tegang. Untuk meredakan keluhan yang dialami dapat dilakukan beberapa cara seperti:
  • Lakukan peregangan ringan
  • Kompres bagian yang nyeri dengan kompres dingin atau hangat
  • Berendam air hangat untuk merelaksasi otot
  • Bisa juga minum obat pereda nyeri seperti parasetamol atau oleskan krim diklofenak di sekitar area yang terasa sakit
Jika keluhan tidak juga membaik, timbul memar atau kebiruan, otot terasa tegang dan kencang, ataupun keluhan sesak bertambah, maka sebaiknya segera diperiksakan pada dokter terdekat untuk dipastikan apa yang jadi penyebabnya. Tidak perlu cemas ataupun panik, karena dari apa yang dijelaskan bisa mungkin bukan hal yang membahayakan. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
nyeri ototnyeri dadaotot dada
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil