dada, pinggang kiri nyeri saat bernafas dan batuk

JP Info Penanya: JP, Pria, 2019 Tahun
Dok mau tanya beberapa hari ini saat bernafas atau batuk dada kiri dan pinggang kiri terasa nyeri bahkan saat tidur menghadap kiri dipinggang saya yang sakit sebaliknya ketika saya tidur menghadap kanan dada saya yang kesakitan
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam JP

Nyeri pada dada yang timbul saat bernafas dan batuk dapat menjadi tanda masalah peradangan selaput paru atau pleuritis. Nyeri akan memberat dengan aktivitas bernafas, biasanya di ikuti dengan sakit pinggang dikarenakan pleuritis menulas hingga paru bagian bawah memicu penjalaran nyeri ke pinggang. 

Ada banyak pencetus terjadinya pleuritis seperti infeksi bakteri dan tuberkulosis. Saya sarankan agar anda menutup mulut saat batuk, hindari aktivitas berlebih dan lakukan tirah baring,  anda juga harus  berkonsutasi dahulu dengan dokter spesialis penyakit dalam (Sp.PD) untuk mengetahui penyebab sesak batuk dan nyeri dada.

Salam sehat

dr.Zulham

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Nyeri dada sebelah kanan juga bisa disebabkan karena asam lambung, stres, atau peregangan otot berlebihan

Nyeri Dada Sebelah Kanan, Ada Apa Gerangan?

Bukan penyakit jantung, penyebab lain nyeri dada sebelah kanan adalah asam lambung, pneumonia, pankreatitis, stres, atau karena peregangan otot yang berlebihan.