21 May 2021, 22:07Penyakit Lainnya

Nyeri dada, apakah penyebabnya?

IC
Info Penanya: IC0
Selamat malam, saya pr umur 19 tahun. Saya ingin bertanya. Saya punya penyakit asam lambung (GERD), kadang2 saya merasakan dada saya sebelah kanan (samping kiri payudara) itu terasa nyeri. itu kenapa ya? nyeri mya hilang timbul dan kalau melakukan gerakan tertentu saja. nyeri nya berpindah2 tempat namun sangat amat jarang, kadang di dada kanan/kiri. apakah itu ada hubungannya dengan asam lambung saya? terimakasih.
296 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat pagi, ITerima kasih atas pertanyaan AndaNyeri dada adalah perasaan tidak nyaman, sakit ataupun rasa berupa tertekan yang dirasakan pada area dada dan sekitarnya. Penyebab dari nyeri dada ini beragam, mulai dari karena otot dada hingga masalah organ dalam rongga dada dan sekitarnya. Nyeri dada bisa dirasakan secara tiba-tiba ataupun dalam kurun waktu.

Beberapa kondisi di bawah ini merupakan penyebab dari nyeri dada:

  • Nyeri otot dan tulang penyusu rongga dada
  • Penyakit paru
  • Penyakit jantung
  • Masalah pencernaan seperti GERD, sakit maag, dan lain sebagainya
  • Kondisi psikologis seperti stres, kecemasan
Terkait dengan apa yang terjadi pada Anda beberapa penyebab dari nyeri dada yang Anda rasakan salah satunya bisa karena kondisi yang disampaikan di atas. Bila ada riwayat GERD, keluhan dari GERD juga bisa berupa rasa tidak nyaman di dada. Namun, untuk memastikan apakah kondisi ini karena GERD atau karena penyebab lainnya, lakukanlah pemeriksaan ke dokter spesialis penyakti dalam terdekat untuk mendapatkan pengobatan dan tataksana yang sesuai dengan penyebabnya.Usahakan agar Anda selalu makan teratur, makan dengan porsi kecil namun lebih sering, hindari tidur / berbaring sesudah makan (usahakan duduk terlebih dahulu), hindari makanan yang bisa memicu kenaikan asam lambung, atasi stres, hindari kecemasan, perbaiki jam tidur Anda, hindari konsumsi kafein (kopi), terapkan gaya hidup bersih dan sehat.Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dwiana A
asam lambunggerdperutnyeri dada
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil