Nyeri dan dada terasa sesak, apa saja penyebabnya?

A Info Penanya: A, Wanita, 23 Tahun
Halo dok saya mau tanya ,suami saya sering merasakan nyeri dan sesak di dada saat batuk dan bersin.punggung belakang juga sakit .dan gejala ini sudah lebih dari 3 bulan..Dulu pernah mengangkat beban berat ,apakah ada cedera? Mau periksa langsung kedokter kendala corona..terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi A,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Nyeri dada dan rasa sesak di dada bisa di sebabkan oleh beberapa penyebab seperti karena asam lambung, kelainan otot, dan sebab lainnya yang perlu penanganan lebih lanjut seperti sakit jantung. Penting untuk membedakan sakit dada atau sesak dada akibat asam lambung karena jantung.

Jika gejala yang Anda rasakan terasa nyeri atau sesak dada sebelah kiri panas, mual, muntah, lebih sering bersendawa kemungkinan disebabkan oleh gangguan pencernaan seperti GERD atau maag. Namun jika gejala sesak atau nyeri dada disertai dengan keringat dingin, nyeri dada seperti tertusuk, di ikuti dengan penurunan atau naiknya tekanan darah, bisa di sebabkan oleh jantung.

Jika Anda mengalami gejala nyeri atau sesak dada akibat jantung, sebaiknya periksakan lebih lanjut ke dokter jantung atau segera kunjungi rumah sakit terdekat untuk melakukan pengobatan dan penanganan lebih lanjut.

Untuk mencegah terkena nyeri atau sakit dada, beberapa tips yang dapat dilakukan :

  • Terapkan pola hidup sehat
  • Perbanyak makan sayur dan buah
  • Cukupi kebutuhan air putih minimal 2-3 liter / hari
  • Olahraga teratur minimal 3-4 kali / hari
  • Hindari rokok dan alkohol

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Alat bantu pernapasan dibutuhkan oleh mereka yang sering sesak napas

Alat Bantu Pernapasan, Siapa Saja yang Membutuhkan?

Alat bantu pernapasan biasanya dibutuhkan oleh orang yang mengalami kondisi medis yang mengganggu pernapasan. Alat ini membantu pasien bernapas, terutama saat beraktivitas berat atau sedang tidur.