Nyeri dada kiri, sering cemas, dan perut tidak nyaman, apakah penyebabnya?

GL Info Penanya: GL, Pria, 22 Tahun
Selamat malam dok. Saya mau bertanya tentang keluhan saya. Akhir-akhir ini dada sebelah kiri saya serasa nyeri dan kurang nyaman. Bahkan sampai kearah belakang. Fikiran saya sering terganggu dengan hal-hal negatif, setelah itu muncul keringat dingin sampai kaki dan tangan saya berkeringat. Namun sebelumnya perut saya merasa tidak enak dan sering sendawa sampai saat ini. Hal ini kenapa ya dok? Mohon solusinya. Terimakasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, G

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Nyeri dada merupakan perasaan yang muncul berupa tidak nyaman yang bisa berupa rasa tertindih benda berat, atau justru rasa sakit yang hebat. Kondisi ini bisa disebabkan oleh berbagai macam hal, mulai dari adanya masalah pada otot-otot sekitar dada, adanya penyakit jantung, adanya masalah pada sistem pencernaan seperti pada peningkatan asam lambung yang menyebabkan GERD, atau karena kondisi medis yang lainnya.

Perasaan tidak nyaman pada area perut, seperti perut terasa kembung, mual, sering bersendawa, nafsu makan menurun, dan lain sebagainya bisa disebabkan oleh adanya gangguan pada sistem pencernaan. Kondisi ini kerap kali muncul bila terjadi kenaikan asam lambung yang berlebih sehingga menyebabkan penyakt maag atau bahkan  GERD, selain itu juga bisa karena bebrapa kondisi medis lain terkait dengan gangguan pencernaan.

Cemas, merupakan kondisi yang wajar terjadi ketika sedang mendengar berita atau kabra yang dirasa kurang menyenangkan dan menimbulkan rasa khawatir. Umunya rasa cemas bisa dengan sendirinya membaik. Namun, pada beberapa orang dengan gangguan kecemasan, rasa cemas ini muncul secara tiba-tiba terhadap suatu hal yang mana bagi orang lain umumnya tidak menimbulkan rasa cemas yang berlebih. Perlu diketahui bahwa kecemasan yang berlebihan dapat menyebabkan munculnya keringat dingin, pusing, mudah lelah, peningkatan asam lambung dan lain sebagainya.

Keluhan yang Anda rasakan bisa disebabkan oleh berbagai macam kondisi seperti adanya masalah pada sistem pencernaan, adanya gangguan kecemasan, karena penyakit jantung, atau karena kondisi medis yang lainnya. Untuk bisa memastikannya sebaiknya periksalah ke dokter spesialis penyakit dalam terdekat. Usahakan untuk menghindari stres, tetap berusahan mengonsumsi makanan sehat, hindari makanan yang memicu kenaikan asam lambung, berusaha berpikiran positif, dan lakukan olahraga ringan agar badan sehat.

Semoga bermanfaat.


Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sering kentut bisa menjadi gejala dari adanya gangguan pencernaan tertentu

8 Kondisi yang Menyebabkan Sering Kentut dan Cara Mengatasinya

Kentut adalah hal yang normal karena merupakan bagian dari berjalannya proses pencernaan. Akan tetapi, sering kentut bukan saja menimbulkan ketidaknyamanan. Kondisi ini juga bisa jadi pertanda dari gangguan pencernaan tertentu.